Cara menghaluskan rambut secara alami - Setiap wanita tentu ingin memiliki rambut lembut dan halus. Namun, penggunaan perawatan rambut yang tidak tepat dapat membuat rambut halus mungkin mulai tampak hanya dalam mimpi.

Metode perawatan rambut yang paling populer dikalangan masyarakat di dunia terbagi menjadi dua cara untuk mencapai rambut mulus. Pertama, dengan cara alami, menggunakan ramuan, tip, dan trik tertentu yang mempromosikan kehalusan, dan yang kedua yaitu cara kimiawi.

Dari kedua jenis perawatan rambut di atas, cara efektif untuk menghaluskan rambut secara alami merupakan pilihan yang paling banyak digunakan. Mengapa?

Karena perawatan rambut alami, meskipun sementara. Namun, ia memiliki efek positif pada rambut Anda. Sedangkan untuk perataan rambut menggunakan bahan kimia, cara ini memang bersifat permanen, dan berlangsung sekitar empat sampai delapan bulan. Tapi, perawatan rambut kimiawi cenderung memiliki efek merusak pada rambut Anda jika tidak dirawat dengan benar.

Jadi, pada ulasan artikel ini, kami akan bertanya kepada Anda. Apakah Anda sedang mencari cara melembutkan rambut menggunakan bahan-bahan alami? Atau bagaimana cara menghaluskan rambut secara alami? Jika jawabannya adalah ya!

Teruslah membaca artikel cara merawat rambut alami ini, untuk mengetahui lebih banyak tentang cara efektif menghaluskan rambut secara alami ini, dan putuskan mana yang akan menjadi pilihan ideal untuk Anda.

Cara Efektif Untuk Menghaluskan Rambut Secara Alami

Cara Efektif Untuk Menghaluskan Rambut Secara Alami

Cara Mudah Menghaluskan Rambut

Sementara metode ini bersifat sementara, perataan alami cenderung memperbaiki kesehatan rambut Anda dalam jangka panjang, sehingga berguna untuk membuat rambut anda menjadi halus dan mengkilap.

Bilas dengan air dingin

Unruk menghaluskan rambut secara alami, dapat ditempuh dengan cara yang sederhana. Menggunakan air dingin saat membilas rambut merupakan salah satu cara yang mudah untuk membuat rambut menjadi halus. Bilas rambut Anda dengan air dingin berguna untuk menyegel lapisan atas batang rambut Anda, sehingga membuatnya halus dan mengkilap.

Menggunakan air hangat atau panas akan mengangkat kutikula Anda dan menyebabkan rambut Anda keriting. Jika Anda tidak tahan memikirkan penggunaan air dingin untuk mandi, Anda cukup hanya mencuci bagian rambutnya saja. Simpan seember air dingin di samping Anda dan gunakan gayung, untuk menuangkan air dingin ke rambut Anda. Terapkan sampo, kondisioner, dan bilas rambut anda dengan cara ini.

Melembutkan Rambut dengan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang paling banyak terdapat kandungan vitamin C nya. Vitamin C sendiri memiilki manfaat yang banyak bagi tubuh, termasuk rambut. Seperti membuat rambut lebih berkilau, indah dan halus. Adapun cara untuk melembutkan rambut dengan jeruk nipis yaitu dengan menggunakan air perasan jeruk nipis untuk keramas.

Melembutkan Rambut dengan Pisang

Ternyata buah pisang juga memiliki banyak manfaat untuk rambut, seperti mengatasi ketombe, melembutkan rambut kasar dan menjaga kelembaban rambut agar tidak kusam dan terhindar dari kerusakan.

Untuk penggunaannya, anda hanya perlu menghaluskan pisang, lalu mengoleskannya ke seluruh bagian rambut dan biarkan selama sepuluh sampai lima belas menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang lebih optimal menghaluskan rambut secara alami, anda jaga dapat menambahkan madu murni tiga sampai lima sendok makan kedalam pasta pisang diatas.

Pisang kaya akan karbohidrat, vitamin, minyak alami, dan potassium. Menggunakan pisang dalam rutinitas perawatan rambut Anda akan membuat rambut terasa bergizi dan melembabkan. Pisang berkhasiat untuk mengurangi keriting dan menenangkan kulit kepala yang teriritasi dengan penggunaan biasa. Manfaat pisang bisa ditingkatkan dengan menambahkan yogurt ke dalamnya, yang juga merupakan pelembab rambut yang hebat. Berikut ini adalah cara lain yang bisa Anda gunakan dengan memanfaatkan pisang untuk melembutkan rambut secara alami. Ini dia resepnya;

Bahan yang harus disiapkan
  • 1 pisang masak
  • 2 sendok teh yogurt

Cara membuatnya:
Hancurkan pisang matang dan tambahkan dua sendok teh yogurt ke dalamnya. Kemudian masukan ke dalam blender untuk membuatnya menjadi pasta yang halus sehingga tidak ada potongan pisang yang tersisa. Setelah menjadi pasta halus, oleskan ramuan ini ke seluruh rambut. Lalu, bilas setelah 45 menit dengan sampo.

Menggunakan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya dikenal memiliki 75 nutrisi yang baik utnuk kesehatan rambut. Gel lidah buaya ini mengandung enzim yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan membuatnya halus dan lembut.

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut, terutama melembutkan rambut. Kandungan lidah buaya seperti mineral, protein, asam amino serta vitamin A, C dan E berkhasiat dengan baik untuk menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

Gel lidah buaya memiliki komposisi kimia yang sama dengan keratin yaitu protein yang membentuk sebagian besar rambut kita. Dengan demikian, gel lidah buaya dapat dengan mudah menembus poros rambut dan memberikan pelembab yang dibutuhkan. Bagi anda yang ingin menggunakan gel lidah buaya untuk melembutkan rambut.  Berikut adalah resepnya:

Potong beberapa potong batang lidah buaya untuk mengambil gel lidah buaya, lalu masukan kedalam wadah dan haluskan dengan ditambah sedikit air sambil diaduk hingga membentuk pasta. Kemudian terapkan masker lidah buaya tersebut ke rambut secara menyeluruh dan diamkan selama tiga puluh menit. Setelah itu, bersihkan dengan sampo ringan.

Menghaluskan Rambut dengan Telur

Anda harus terbiasa dengan penggunaan telur, jika Anda ingin memiliki rambut halus secara alami. Manfaat dan khasiat telur bekerja dengan baik untuk menjaga kesehatan rambut. Telur dipercayai memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah rambut kering dan rusak, atau berminyak dan lepek, cara merawat rambut alami menggunakan telur adalah solusi instan untuk semuanya. Ini mengandung konsentrasi tinggi protein dan nutrisi, yang membantu membuat rambut Anda berkilau dan halus. Berikut adalah cara yang bisa Anda gunakan dengan telur untuk membuat rambut Anda halus:

Bahan-Bahan yang harus disediakan:
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh krim
  • 1 sendok teh minyak zaitun

Cara Membuatnya:
Kocok telur di mangkuk kecil lalu tambahkan satu sendok teh madu, krim, dan minyak zaitun. Campur dengan baik untuk membentuk pasta halus dan oleskan ke seluruh rambut. Lalu, biarkan sampai kering. Setelah itu, cuci dengan air dingin dan sampo seperti biasa.

Bilas dengan Cuka

Cuka sari apel sudah sering di pakai sebagai perawatan rambut alami untuk waktu yang lama sampai sekarang. Cuka sari apel membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala kita saat membersihkan penumpukan yang mungkin terbentuk dari penggunaan produk yang berlebihan. Membilas rambut Anda dengan cuka akan menutup kutikula rambut Anda dan membuatnya lebih halus, lembut, dan lebih bersinar. Adapun resepnya ialah sebagai berikut:

Bahan yang Anda perlukan:
  • 1/4 cangkir cuka sari apel
  • 1 gelas air

Cara Membuatnya:
Encerkan ¼ cangkir cuka sari apel dengan secangkir air. Gunakan ini sebagai bilasan terakhir setelah mencuci rambut.

Gunakan Minyak Panas

Pijat dengan minyak panas seminggu sekali tidak hanya akan memberi Anda rambut sehat dan mulus, tapi juga akan membantu Anda menghilangkan stres. Gunakan minyak alami seperti minyak kelapa, zaitun, almond manis, jojoba, kastor/jarak, lavender, rosemary, dan thyme untuk memijat rambut Anda. Anda juga bisa menggunakan kombinasi minyak ini untuk hasil yang lebih baik.

Bahan yang Anda butuhkan:
  • 2-3 sendok makan minyak, tergantung dari panjang rambut anda

Cara Penggunaan:
Pijat kulit kepala Anda dengan minyak dan oleskan ke seluruh rambut Anda.
Setelah memijat kulit kepala Anda, bungkuslah kepala dengan handuk hangat. Cara merawat rambut ini akan menciptakan lingkungan yang memungkinkan penetrasi minyak secara maksimal. Biarkan selama 20 menit. kemudian bersihkan minyak dengan sampo.

Masker Mayones

Mayones kaya akan sumber senyawa L-sistein, yang merupakan asam amino dan antioksidan kuat, yang juga ditemukan pada telur. Menggunakan perawatan rambut alami dengan masker mayones secara teratur akan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat dengan cara yang sederhana. Selain berguna untuk menumbuhkan rambut, mayones juga dipercayai berkhasiat untuk menjaga kelembaban rambut dan keseimbangan pH rambut, serta membuat rambut menjadi halus dan terhindar dari kerusakan.

Cara menggunakan masker mayones untuk menghaluskan rambut secara alami:
  • 1 cangkir mayones
  • 2 sendok teh alpukat yang sudah dihaluskan

Penggunaan:
Campur mayones dan alpukat sampai campuran menjadi mengembang. Oleskan campuran ke rambut Anda secara menyeluruh sampai ke akar rambut Anda. Setelah Anda menerapkan campuran itu, tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan selama satu jam dan bilas dengan sampo.

Cara Efektif Untuk Menghaluskan Rambut Secara Alami
Memiliki rambut lembut, adalah impian bagi setiap gadis. Tapi, padatnya dikehidupan kota, membuat rambut sering terpapar dengan polutan lalu lintas dan stres, yang pada akhirnya merusak keindahan rambut Anda. Cara efektif untuk menghaluskan rambut secara alami, tanpa perlu membeli produk mahal, telah banyak tersedia di dalam artikel ini.  Berikut ini adalah resep tambahan untuk cara menghaluskan rambut secara alami. Teruslah membaca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak lagi pilihan bahan-bahan alami yang bisa Anda terapkan pada rambut Anda di rumah.

Cara Menghaluskan Rambut dengan Yoghurt dan Telur

Cara menghaluskan rambut menggunakan kedua bahan ini, ketika di kombinasikan akan sangat berguna untuk perawatan rambut Anda. Mengapa?

Yogurt sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Bahan ini merupakan sumber vitamin B-6 dan B-12, protein, zinc, asam laktat, bakteri-bakteri probiotik, kalium dan lemak yang sangat membantu dalam pengobatan ketombe, rambut yang tidak bernyawa dan rusak. Yogurt juga bertindak untuk memberi nutrisi pada rambut dan merangsang pertumbuhan rambut serta membuat rambut menjadi halus dan indah. Apalagi jika di campurkan dengan telur yang dikenal kaya akan kandungan proteinnya.

Yoghurt dan telur, kombinasi kedua bahan ini, selain baik untuk melembutkan rambut, ia juga berguna untuk membuat rambut menjadi kuat, menjaga kelembaban rambut, mengatasi rambut bercabang dan masalah rambut lainnya.

Cara menggunakan Yoghurt dan Telur untuk Rambut
Pertama siapkan terlebih dahulu wadah dan masukan satu butir telur ayam bersama dengan 6 sdm yoghurt. Setelah itu, aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata. Oleskan ke seluruh permukaan rambut, lalu bungkus rambut dengan handuk dan biarkan kurang lebih sekitar 10 menit. Selanjutnya, bilas rambut dengan air suam-suam kuku hingga bersih.

Melembutkan Rambut dengan Minyak Kelapa

Salah satu tips populer untuk melembutkan rambut secara alami yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Khususnya, minyak kelapa yang tidak dimurnikan (organik), sehingga meresap ke rambut Anda. Saat Anda melakukan pijat rambut dengan minyak kelapa, fokuskan pada ujung rambut Anda dan bukan kulit kepala. Kulit kepala mengandung minyak esensial. Mulai dari ujung rambut Anda dan bergerak ke atas.

Menghaluskan Rambut dengan Madu

Madu dikenal sebagai humektan alami (pelembab) yang menyerap dan mempertahankan kelembaban pada rambut Anda. Madu juga menambahkan kilau ke rambut Anda, ini merupakan salah satu tips terbaik membuat rambut halus secara alami. Anda bisa mencampur 2 sendok madu dalam 2 cangkir air hangat, tuangkan ke dalam botol semprot dan semprotkan di atas rambut Anda. Kemudian pijat campuran ini ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.