Manfaat zinc untuk rambut rontok - Zinc atau Seng adalah mineral penting yang secara alami hadir dalam beberapa makanan, dan ditambahkan ke makanan lain, selain itu Zinc atau Seng  juga tersedia sebagai suplemen makanan. Zinc adalah mineral vital untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku.

Cara merawat rambut alami kali ini akan membagikan tentang manfaat zinc untuk rambut rontok. Hal itu karena Zinc memiliki kegunaan yang baik untuk pertumbuhan rambut, sehingga dapat mengatasi kerontokan rambut.

Apa yang membuat Zinc bermanfaat untuk rambut rontok?

 Apa yang membuat Zinc bermanfaat untuk rambut rontok?
Untuk memahami hubungan antara asupan zinc  dan rambut, Anda harus terlebih dahulu mengetahui hubungan antara kekurangan  zinc dan rambut rontok.

Beberapa ahli percaya bahwa defisiensi zinc sebenarnya dapat menyebabkan kemunduran struktur protein yang membentuk folikel rambut. Pelemahan folikel ini pada gilirannya menyebabkan penipisan rambut dan rambut rontok.

Zinc juga diyakini memainkan peran penting dalam produksi DNA dan RNA. Hal ini diperlukan untuk pembagian sel folikel rambut normal, yang menyebabkan pertumbuhan rambut lebih sehat.

Zinc juga bisa membantu menjaga kadar hormon agar tetap seimbang, yang bisa menjadi salah satu alasan mengapa sangat efektif dalam mencegah kerontokan rambut.

Kekurangan Zinc dan Rambut Rontok

Manfaat Zinc Untuk Rambut Rontok
Rambut rontok bisa sangat menghancurkan banyak orang. Rambut Anda sering menjadi salah satu hal pertama yang diperhatikan orang mengenai diri Anda, dan jika rambut rontok dan terasa menipis, Anda mungkin merasa kurang percaya diri dan bahkan tidak menarik.

Dua nutrisi penting untuk rambut sehat adalah vitamin B6 dan zinc. Dengan kata lain jika Anda mengalami defisiensi zinc, kondisi ini dapat menyebabkan rambut rontok. Manfaat zinc untuk rambut rontok, karena ia berguna untuk memberikan  nutrisi lain yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Jika asupan zinc Anda menurun, Anda mungkin kehilangan rambut yang berlebihan dan membuat rambut lebih kusam dan lebih sulit dikendalikan.

Meningkatkan asupan zinc berguna untuk mengatasi rambut rontok, karena akan memasok mineral dalam jumlah yang baik, begitu juga nutrisi rambut penting lainnya seperti biotin, vitamin C dan zat besi.

Penelitian juga telah menunjukan bahwa manfaat zinc untuk rambut rontok bekerja dengan sangat baik, karena ia memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jika Anda yakin menderita defisiensi zinc, makan Anda harus mengatur pola makan makanan seimbang yang kaya akan zinc untuk menyembuhkan rambut yang menipis dan rambut rontok.

Makanan yang Mengandung Zinc untuk Pertumbuhan Rambut

 Makanan yang Mengandung Zinc untuk Pertumbuhan Rambut
Di atas Anda telah mengetahui manfaat zinc untuk rambut rontok karena ia berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut baru Anda.

Sekarang cara merawat rambut alami akan membagikan beberapa makanan yang mengandung zinc untuk pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok. Apa saja makan tersebut? Simak terus artikel ini.

Manfaat Zinc Untuk Rambut Rontok

Manfaat Zinc Untuk Rambut Rontok
Seperti vitamin B6, zinc bisa didapat pada banyak makanan, berikut ini adalah daftar pilihan makanan yang mengandung zinc untuk pertumbuhan rambut.

1. Tiram

Paling dikenal sebagai afrodisiak, tiram merupakan sumber zinc yang kaya akan pertumbuhan rambut.. Zinc juga membantu mendukung kelenjar minyak yang mengisi folikel rambut dengan menjaga kelembaban pada rambut dan mencegah kekeringan.

Tiram juga merupakan sumber protein yang hebat. Tanpa cukup protein, tubuh Anda tidak bisa mengganti rambut yang telah rontok setiap hari.

2. Kacang

Buat kacang biasa di menu rambut sehat Anda. Kacang-kacangan dianggap sebagai sumber makanan yang sangat baik untuk melindungi rambut dan membantu menjaga warnanya.  Kacang juga mengandung asam alfa-linolenat, asam lemak omega-3 yang bisa membantu kondisi rambut.

Kacang Kenari misalnya, yang kaya akan asam lemak omega-3, biotin dan vitamin E serta tembaga, dan merupakan sumber zinc yang hebat. Pilihan lain, termasuk  kacang mete, kemiri, kacang almond, dan lentil yang juga dikemas dengan protein, zat besi, seng dan biotin.

3. Telur 

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi serta biotin, vitamin B, seng, selenium, belerang dan zat besi.  Sumber nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan kekuatan rambut, nikmati satu orak-arik, telur rebus, atau tambahkan ke piring favorit Anda secara teratur.

4. Buncis 

Buncis  adalah sumber protein, vitamin B6 dan  zinc yang sangat baik. Protein ini dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, ditambah  zinc dan vitamin A bekerja sama untuk mencegah ketombe dan rambut rontok. Tambahkan ke kari, hidangan vegetarian  Anda sendiri untuk mendapatkan zinc bergizi untuk pertumbuhan rambut.

5. Ubi jalar

Dengan reputasi yang baik sebagai makanan super, ubi jalar mengandung asam lemak omega-3, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zinc, dan vitamin A, B, C, K dan E. Kentang manis juga Sumber beta karoten yang sangat baik, antioksidan kuat yang akan berubah menjadi vitamin A.

Pada rambut, vitamin A mempromosikan sekresi sebum oleh folikel rambut untuk melindungi mereka dari pengeringan.


Itulah sederet manfaat zinc untuk rambut rontok, serta beberapa pilihan makanan yang mengandung zinc untuk pertumbuhan rambut dan berguna untuk mengatasi kerontokan rambut.