Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok

Cara merawat rambut kering dan rontok - Rambut kering berkembang saat rambut Anda tidak mendapatkan atau mempertahankan kelembaban yang cukup. Hal ini mengurangi kemilau rambut dan bisa membuatnya tampak keriting, tak bernyawa, dan kusam. Rambut kering dapat mempengaruhi pria dan wanita dari segala umur, tapi Anda cenderung mengembangkannya seiring bertambahnya usia.

Rambut Anda terdiri dari tiga lapisan. Jika rambut Anda sehat, minyak alami di lapisan luar membantu melindungi lapisan dalam. Mereka juga memantulkan cahaya, membuat rambut Anda tampak mengkilap. Saat rambut Anda kering, lapisan luar rusak, hal ini menyebabkannya tampak kusam dan tidak sehat.

Mengapa Rambut Kering dan Rontok?

Sebagai bagian dari upaya cara merawat rambut kering dan rontok, menemukan penyebab masalah bisa membantu membalikkan atau mencegah kerontokan rambut lebih lanjut. Rambut kering adalah masalah lain yang tidak diinginkan tapi umum bagi wanita dan pria, dan dapat menyebabkan rambut rontok. Ada beberapa alasan rambut mungkin kering atau mulai rontok.

Minim Perawatan Rambut

Perawatan rambut yang buruk dapat menyebabkan rambut kering atau menipis. Menurut American Academy of Dermatology, praktik perawatan rambut yang baik yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut termasuk menghindari penggunaan alat panas berlebihan atau produk styling yang keras, menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, menggunakan kondisioner setelah setiap shampoo, keramas lebih jarang, menghindari ekor kuda atau penataan rambut yang ketat, Membatasi perms dan warna rambut dan menghindari menyisir atau menyisir keras saat rambut basah.

Usia yang lebih tua

Proses penuaan, dikombinasikan dengan genetika, bisa menyebabkan kerontokan rambut yang mungkin tidak bisa dicegah. Alopecia, biasanya menyerang lebih banyak pria daripada wanita. Menurut Medline Plus, pola kebotakan mempengaruhi sekitar 25 persen pria pada usia 30 dan sekitar dua pertiga pria pada usia 60 tahun. Obat bebas dan resep tersedia untuk membantu memperbaiki atau mencegah kerontokan rambut lebih lanjut. Rambut palsu, hair extension dan transplantasi rambut juga tersedia untuk membantu mengurangi munculnya kebotakan.

Stres

Tekanan emosional atau stres dapat menyebabkan 50 persen sampai 75 persen rambut rontok, menurut Medline Plus. Rambut rontok akibat stres, bisa rontok dalam gumpalan atau segenggam besar. Stres mungkin disebabkan oleh kematian keluarga, penyakit parah atau operasi besar. Setelah masa stres, rambut akhirnya harus tumbuh kembali.

Malnutrisi

Kekurangan gizi, penurunan berat badan drastis dan gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia dapat menyebabkan rambut kering atau rambut rontok. Menurut American Academy of Dermatology, kekurangan protein atau zat besi dapat menyebabkan rambut rontok dan mengkonsumsi kelebihan vitamin A dapat menyebabkan hasil yang sama. Rambut rontok dan rambut kering akibat malnutrisi dapat dikoreksi dengan diet dan suplementasi yang tepat untuk memperbaiki kekurangan nutrisi.

Perubahan Hormon

Penurunan kadar estrogen yang biasanya terjadi saat menopause atau setelah melahirkan bayi dapat meningkatkan rambut rontok. Jenis rambut rontok akibat perubahan hormon harus bersifat sementara dan rambut biasanya akan memulai pola pertumbuhan rambut normal dalam waktu enam bulan sampai dua tahun menurut Medline Plus.

Kondisi medis

Kehadiran penyakit tertentu dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut dan teksturnya. Hipotiroidisme adalah kondisi medis yang dapat menyebabkan rambut kering dan rambut rontok. Kondisi medis lain yang dapat menyebabkan rambut rontok termasuk lupus, sifilis, kurap pada kulit kepala, beberapa jenis tumor dan terapi radiasi untuk mengobati kanker. Mengambil obat tertentu juga berkontribusi pada rambut rontok.

Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok

Selain terlihat menjemukan dan tidak sehat, rambut kering bisa menyebabkan rambut rontok dan ketombe. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu merawat rambut kering sesegera mungkin.

Merawat rambut Anda dengan baik, mengkonsumsi makanan yang sehat, menggunakan produk perawatan rambut berkualitas yang dimaksudkan untuk jenis rambut Anda dan menggunakan beberapa conditioner over-the-counter dapat mencegahnya mengering. Plus, ada banyak pengobatan rumahan sederhana yang bisa membantu mengobati rambut kering dan mengembalikan kesehatannya.

Alpukat Untuk Rambut Kering

Cara merawat rambut dengan alpukat - bahan alami ini mengandung lemak jenuh, vitamin A dan E, protein dan berbagai mineral lainnya dalam alpukat sangat bermanfaat untuk rambut kering dan rusak. Alpukat juga membantu menambahkan kelembaban pada batang rambut kering dan menguatkan rambut Anda.
  • Ambil satu alpukat matang, lalu kupas, dan campur dalam satu sendok teh minyak gandum dan minyak jojoba untuk membuat pasta yang halus. Oleskan campuran pada rambut yang baru dicuci, dari akar ke ujungnya. Tutupi rambut Anda dengan shower cap. Biarkan selama setengah jam dan kemudian keramas rambut Anda dengan air suam-suam kuku. Ikuti obat ini satu atau dua kali seminggu.
  • Mash yang sudah matang, kupas alpukat dan tambahkan dua sendok makan minyak zaitun. Campur dengan baik sampai konsentrasinya kental dan halus. Shampoo dan bilas rambut Anda. Oleskan campuran ke rambut Anda dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut Anda. Lakukan ini sekali seminggu. 

Baca juga "Manfaat Telur Untuk Mengatasi Rambut Rontok".

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah obat rumah yang paling populer untuk rambut kering. Kandungan vitamin E dan antioksidan yang kaya hadir dalam minyak zaitun membantu menyembuhkan rambut yang rusak dengan menyegel kutikula, atau lapisan luar, dengan kelembaban. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai perawatan rambut minyak panas untuk menguatkan, menambah kilau dan mengembalikan kelembaban ke rambut yang sangat kering.
  • Cukup masukkan minyak zaitun untuk panjang rambut Anda dalam cangkir atau mangkuk dan sedikit hangatkan dalam microwave.
  • Oleskan minyak hangat di atas kulit kepala dan poros rambut Anda. Pijat kulit kepala Anda dengan lembut selama lima sampai 10 menit.
  • Tutupi rambut Anda dengan handuk hangat dan biarkan minyak dalam semalam, atau setidaknya selama 30 menit.
  • Akhirnya, keramas dan kondisikan rambut Anda dengan produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda.
  • Lakukan ini setidaknya seminggu sekali untuk memberi makanan dan perawatan rambut Anda sangat dibutuhkan.

Catatan: Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa, minyak almond, minyak jarak, minyak jojoba atau minyak jagung untuk perawatan minyak panas ini.

Baca juga "Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang Agar Menjadi Lurus".

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Mayones

Mayones adalah bahan yang sangat baik untuk merawat rambut kering di rumah. Ini mengandung banyak protein yang akan membantu membuat rambut Anda lembut dan berkilau.
  • Ukur satu cangkir mayones penuh lemak. Oleskan lapisan tebal itu pada rambut dan kulit kepala yang sedikit lembab.
  • Pijat mayones ke kulit kepala Anda dan kemudian kerjakan melalui rambut sampai ujungnya.
  • Tutupi rambut dan kepala dengan penutup plastik sekitar satu jam.
  • Bilas rambut Anda secara menyeluruh dengan air hangat lalu sampo seperti biasa.
  • Ulangi mingguan untuk menghidrasi rambut sangat kering.

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Telur

Telur juga sangat membantu rambut kering dan rusak. Sumber protein dan lesitin yang baik, telur membantu memperkuat dan memperbaiki rambut yang rusak dan tidak bernyawa dengan menambahkan kelembapan, kilau, dan tekstur ke dalamnya.
  • Mengocok putih telur secara menyeluruh bersama dengan dua sendok makan air suam-suam kuku. Oleskan campuran ke rambut dan kulit kepala Anda yang lembab dan pijat dengan ujung jari Anda dalam gerakan melingkar selama 15 menit. Lalu keramas rambut Anda dengan air dingin. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu, tergantung kondisi rambut Anda.
  • Campurkan tiga butir telur, dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala yang lembab. Tutupi kepala Anda dengan tutup shower selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan rambut Anda dengan sampo ringan dan air dingin. Lakukan ini sekali seminggu untuk membuat rambut Anda lembut dan halus.

Baca juga "Perawatan Rambut untuk Rambut Rontok dengan Telur".

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Pisang

Pisang adalah bahan lain yang sangat baik untuk merawat rambut yang sangat kering dan rusak. Kandungan potassium dan moisture yang tinggi pada pisang mencegah perpecahan, dan melembutkan dan meningkatkan elastisitas rambut Anda.
  • Mash satu pisang matang atau matang dan perancangkannya ke rambut Anda, mulai dari akar sampai ke ujungnya. Biarkan selama satu jam dan bilas rambut Anda dengan air hangat. Lakukan ini sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.
  • Sebagai alternatif, campurkan satu pisang matang atau pisang matang, satu sendok makan minyak almond dan dua sendok makan madu. Oleskan masker rambut ini ke rambut Anda secara menyeluruh. Biarkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan baik dengan air suam-suam kuku. Ikuti obat ini seminggu sekali untuk menikmati rambut yang halus dan berkilau.

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Madu

Madu adalah obat rumah yang bagus untuk rambut kering. Madu bisa menjebak kelembaban di rambut Anda, yang akan membuatnya lembut, berkilau, dan bergizi.
  • Oleskan secangkir madu setengah matang ke rambut yang baru dicuci dan lembab dan pijat lembut ke kulit kepala Anda. Tutupi kepala Anda dengan penutup shower selama 30 menit. Bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.
  • Campur empat sendok makan minyak zaitun, dua sendok makan gliserin, dan dua sendok makan madu. Gunakan sebagai kondisioner setelah mencuci rambut. Lakukan ini setiap kali Anda merasa rambut Anda menjadi sangat kering.
  • Trik bagus lainnya adalah mencampur beberapa madu dengan conditioner biasa yang Anda gunakan setelah keramas. Lakukan ini tidak lebih dari sekali seminggu.

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Lidah Buaya

Kombinasi unik dari vitamin, mineral, dan asam amino dalam lidah buaya dapat sangat bermanfaat bagi rambut kering dan rusak.
  • Campur satu setengah cangkir gel lidah buaya, dua sendok teh masing-masing minyak jarak dan bubuk fenugreek, dan satu sendok teh bubuk basil. Campur bahan dengan baik dan oleskan campuran ini secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut Anda. Tutupi rambut Anda dengan tutup shower dan biarkan selama semalam. Di pagi hari, basuh rambut Anda dengan sampo yang ringan. Lakukan ini setidaknya seminggu sekali untuk melihat hasil yang baik dalam satu atau dua bulan.
  • Sebagai alternatif cara merawat rambut kering, tambahkan dua sendok teh pasta bunga kembang sepatu tebal ke setengah cangkir gel aloe vera. Campurkan bahan dengan baik dan conditioner buatan sendiri siap digunakan. Penggunaan kondisioner secara teratur akan memberi tekstur lembut dan lembut pada rambut kering Anda.
 Baca juga "Cara Menggunakan Lidah Buaya Untuk Rambut Rontok".

Cara Merawat Rambut Dengan Yogurt Dan Telur

Yogurt bagus untuk perawatan rambut kering. Jika bahan ini di gabungkan dengan telur akan menjadi salah satu cara merawat rambut kering dan rontok yang tepat dan sangat bermanfaat untuk membuat rambut Anda lebih lembab dan sehat. Adapun cara merawat rambut kering dan rontok dengan yogurt dan telur ialah sebagai berikut;
  • Sediakan 2 butir telur yang kemudian bisa dikocok di dalam sebuah wadah dengan ukuran sedang. Setelah dikocok, tambahkan yogurt sebanyak 2 sendok makan dan aduk-aduklah sampai terbentuk pasta dengan tekstur lembut. Oleskan pasta ini ke kulit kepala dan rambut Anda sambil diberi pijatan; bilas atau keramasi setelah 20 menit.