Minyak Kemiri Untuk Cara Merawat Rambut

Cara merawat rambut - Minyak kemiri atau minyak kacang kukui adalah hasil ekstraksi dari kacang Aleurites moluccanus. Jenis minyak ini, populer akan kegunaannya sebagai cara alami untuk merawat rambut dengan minyak kemiri.

Minyak kemiri, telah diketahui oleh dunia yang lebih luas karena manfaat topikal yang mengesankan untuk kulit dan rambut, serta sistem kekebalan dan otot.

Daftar panjang manfaat yang berasal dari minyak kukui dikaitkan dengan tingginya tingkat asam lemak poli dan tak jenuh tunggal, linoleat dan linolenat, serta vitamin C, D, E dan antioksidan kuat lainnya.

Minyak Kemiri Untuk Cara Merawat Rambut

Minyak Kemiri Untuk Cara Merawat Rambut
Penggunaan minyak kemiri tradisional yang populer adalah untuk mengaplikasikannya ke rambut dalam bentuk masker rambut, mencampurnya dengan shampoo atau conditioner, atau hanya memijatnya ke kulit kepala dan ujung rambut.

Asam lemak linoleat dan linolenat yang ditemukan dalam minyak ini mampu melapisi rambut, memberikan nutrisi utama, melembabkan, mencegah kerusakan, dan bahkan meningkatkan penampilan dan kilau rambut.

Sebagai zat emolien, minyak kukui mampu melapisi kulit dan mengunci kelembapan, sehingga mencegah kulit kering dan berketombe.

Kualitas pelembap minyak ini juga membantu menjaga folikel rambut sehat dan berfungsi membantu mencegah kerontokan rambut yang prematur.

Selain penggunaan di atas, minyak kemiri juga sering di gunakan untuk perawatan rambut botak. Minyak kemiri adalah salah satu jenis minyak rambut yang bagus yang dapat membuat rambut terlihat hitam lebat.

Minyak kemiri tak hanya berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok, namun ia juga memiliki manfaat yang baik untuk mengobati masalah rambut beruban, serta minyak kemiri juga berguna untuk mengatasi rambut bercabang.

Resep Cara Merawat Rambut Dengan Minyak Kemiri

Apa yang membuat minyak kemiri begitu menakjubkan adalah profil asam lemaknya yang unik. Ini mengandung sejumlah baik asam linoleat maupun oleat. Asam lemak tersebut memberikan kelembaban yang sangat dibutuhkan kulit.

Aspek unik lainnya dari minyak adalah teksturnya. Ketika dioleskan ke kulit, ia menyerap dengan cepat dan tidak meninggalkan perasaan berminyak. Sebaliknya, kulit terasa lembut. Hal ini sebanding dengan minyak almond manis dan alpukat, yang memiliki tekstur ringan serupa.

Selain itu, ia memiliki umur simpan yang cukup lama yaitu 1-2 tahun. Sedangkan untuk aromanya, ia memiliki bau kacang yang netral yang sangat halus dalam produk jadi. Semua kualitas hebat itu membuat minyak kemiri sempurna untuk berbagai resep perawatan rambut alami.

Minyak Kemiri Untuk Rambut Rontok

Berikut ini adalah 4 cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut rontok;
  1. Cara 1: Anda dapat menggunakan minyak kemiri dalam rejimen perawatan rambut harian Anda. Cukup gunakan sedikit pada kulit kepala dan rambut dan pijat selama beberapa menit. Biarkan semalam dan bersihkan esok hari, jika diinginkan. Anda bisa menggunakan sampo yang ringan. Ini akan membantu memperkuat rambut dari akar.
  2. Cara 2: Pilih biji kemiri yang masih bagus. Tumbuk sampai halus. Setelah itu baru sangrai sampai mengeluarkan minyak. Tampung minyak di wadah khusus. Saat minyak sudah lebih dingin, oleskan ke kulit kepala sambil dipijat lembut agar meresap. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Gunakan 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.
  3. Cara 3: Bakar biji kemiri sampai gosong. Setelah itu, proses biji kemiri dengan blender sampai keluar minyaknya. Gunakan minyak itu untuk merawat dan mengatasi kerontokan rambut.
  4. Cara 4: Parut atau blender biji kemiri. Tambahkan air secukupnya. Peras dan ambil airnya. Simpan di tempat atau wadah tertutup. Diamkan dulu selama 24 jam. Baru setelah itu olah atau masak air perasan tersebut sampai keluar minyaknya.

Dengan minyak kemiri, rambut rontok bisa diatasi secara alami. Rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan dan masalah ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa pandang bulu. Kebotakan dapat menyerang pria dan wanita dan ini bisa terjadi pada usia yang masih cukup produktif.

Masalah kebotakan mulai dari sekitar 18 tahun atau lebih tua ketika terjadi perubahan hormon pada usia produktif. Penyebab kebotakan rambut juga dilatarbelakangi oleh faktor pecahnya hormon DHT (de hydro testosterone) yang kemudian akan menghancurkan protein yang berfungsi sebagai alat penunjang pertumbuhan rambut, sehingga membuat rambut akan mudah rapuh dan mengalami kerontokan rambut parah dan menyebabkan kebotakan.

Kabar baiknya, rambut rontok yang menyebabkan kebotakan dapat diatasi dengan menggunakan pilihan bahan herbal yang dipercaya, seperti cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut rontok diatas yang dapat membantu rambut tumbuh kembali secara sehat dan mencegah rambut dari kerapuhan.

Minyak kemiri merupakan bahan yang mudah ada di sekitar kita dan dapat digunakan sebagai bumbu dalam masakan, biji kemiri yang sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk membantu pertumbuhan rambut, akan berkhasiat membuat rambut agar terlihat sehat, padat, panjang, hitam dan berkilau.

Baca juga "Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami".

Minyak Kemiri untuk rambut beruban

Minyak kemiri juga memiliki khasiat yang bagus untuk mengatasi rambut beruban, Anda dapat menggunakan minyak kemiri untuk membuat rambut menjadi hitam dan menyingkirkan uban membandel. Cara menggunakan minyak kemiri rambut uban sangat mudah, cukup menyangrai kemiri lalu tumbuk sampai minyak alami dari kemiri keluar. Oleskan minyak tersebut ke rambut dan diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.

Baca juga "Bahan Alami untuk Perawatan Rambut Bercabang"

Minyak kacang kukui memiliki banyak manfaat dan kegunaan penting seperti melembabkan kulit, memperkuat rambut, mencegah ketombe, mempercepat penyembuhan luka, dan menetralisir radikal bebas.

Minyak kacang Kukui berasal dari pohon negara Hawaii, pohon kacang kukui, yang umumnya dikenal sebagai pohon kemiri yang menyandang nama ilmiah Aleurites moluccanus. Bahan alami yang satu ini telah banyak di kenal akan khasiat dan manfaatnya untuk rambut.

Dengan adanya ulasan artikel Minyak Kemiri Untuk Cara Merawat Rambut, kami berharap semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk mengatasi berbagai masalah di rambut dan menjaga rambut pada tingkat kesehatan yang optimal. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Anda ya...