Cara Alami Menguatkan Akar Rambut Supaya Tidak Rontok

Cara yang alami menguatkan akar rambut supaya tidak rontok bisa dilakukan dengan melakukan pijat kulit kepala harian, metode ini terbukti sangat efektif membantu pertumbuhan rambut, dan mereka benar-benar meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sama seperti kulit kita, kulit kepala kita harus dimanjakan dan dilembabkan sebagai sarana untuk penguat akar rambut alami.

Sirkulasi yang baik adalah elemen penting dalam perjalanan pertumbuhan rambut alami, dan pijat kulit kepala adalah cara yang menyenangkan untuk bersantai dan meningkatkan kemampuan rambut Anda untuk tumbuh.

Cara Alami Menguatkan Akar Rambut

Bagaimana cara melakukan pijat kulit kepala harian:

Anda dapat memijat kulit kepala Anda, menggunakan jari Anda dengan kombinasi minyak pilihan atau tidak sama sekali (jika alergi atau kulit kepala tidak suka minyak).
  1. Tuangkan sedikit minyak ke dalam mangkuk dan hangatkan minyak dengan menempatkan mangkuk ke dalam air panas. Minyak harus hangat tetapi nyaman untuk disentuh. Atau Anda bisa langsung menggunakan minyak favorit Anda langsung dari botol.
  2. Gunakan jari-jari Anda, oleskan sedikit minyak ke bagian kulit kepala, pisahkan rambut sesuai kebutuhan. Kemudian, dengan menggunakan jari-jari Anda, oleskan minyak ke kulit kepala Anda, dengan menggunakan gerakan melingkar.
  3. Gerakan secara lambat dan santai, sesekali dengan gerakan yang stabil namun kuat membantu meningkatkan energi dan sirkulasi.

Manfaat Pijat Kulit Kepala

Pijat kulit kepala yang dilakukan dengan benar dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, meningkatkan relaksasi, mengurangi stres, memperbaiki kulit kepala, dan meningkatkan kekuatan akar rambut.

Tekanan pengepresan yang diterapkan dengan pijatan menghangatkan kulit dan membuka pembuluh darah untuk meningkatkan aliran dan meningkatkan sirkulasi.

Peningkatan sirkulasi berarti sel-sel folikel rambut akan menerima lebih banyak nutrisi yang diperlukan untuk fungsi pertumbuhan rambut yang optimal.

Gerakan menggosok, akan mendorong relaksasi dan terasa nyaman, sehingga berfungsi menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh.

Tingkat stres yang lebih rendah memungkinkan organ Anda berfungsi lebih efisien, sehingga meningkatkan kemampuan folikel rambut Anda untuk menumbuhkan rambut.

Melumasi dan mengkondisikan kulit kepala, membantu mencegah serpihan dan kulit kepala kering tanpa menggunakan sampo kimia yang keras.

Pijat kepala juga membantu menguatkan akar rambut dan menyuburkan rambut, mendorong pertumbuhan rambut baru dan memperkuat rambut saat ini.

Selain itu, pijat kepala juga membantu melembutkan dan mengkondisikan rambut, sehingga membuatnya lebih mudah diatur, serta meningkatkan kilau rambut.

Pijat kepala juga membantu melindungi rambut dari efek merusak yang di akibatkan oleh matahari dan cuaca yang keras dengan meningkatkan ketahanan dari waktu ke waktu.

Tips Untuk Pijat Kulit Kepala

Ketika Anda terlalu lelah untuk melakukan pemijatan kulit kepala Anda, mintalah anak-anak Anda untuk memijat kulit kepala Anda.

Pijat kepala bisa dilakukan sambil menonton acara favorit Anda di televisi, membaca atau berselancar di internet, luangkan beberapa menit untuk melakukan pijat kulit kepala Anda.

Anda akan menyelesaikannya dalam waktu singkat.

Pijat kulit kepala Anda sekali di pagi hari sebelum Anda menata rambut atau di malam hari sebelum mengikat rambut Anda.

Minyak untuk Pijat Kulit Kepala

Vitamin Untuk Menguatkan Akar Rambut

Vitamin untuk menguatkan akar rambut itu selalu yang terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang diperoleh dari sumber makanan. Berikut adalah daftar vitamin terbaik untuk kesehatan rambut;

1. Vitamin A
Vitamin A adalah vitamin penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan, termasuk pertumbuhan sel, serta penglihatan dan fungsi kekebalan tubuh.

Ketika datang ke rambut yang sehat, itu membantu dalam produksi sebum di kulit kepala, yang adalah apa yang mencegah helai rambut mengering.

Beta-karoten adalah bentuk paling umum dari vitamin A, dan dapat ditemukan di banyak buah dan sayuran oranye gelap, seperti wortel, melon, dan buah persik.

Sumber lain yang bagus termasuk ubi jalar, bayam, dan sayuran hijau berdaun gelap lainnya.

Kekurangan vitamin dapat memiliki efek yang signifikan pada tubuh, selain rambut kering, rapuh dan kulit kepala terkelupas yang memperlambat pertumbuhan kunci Anda, kekurangan vitamin A telah dikaitkan dengan mata kering, peningkatan risiko kebutaan di malam hari dan tingkat infeksi yang lebih tinggi.

2. Biotin
Anda mungkin telah melihat suplemen biotin yang diiklankan untuk membantu seseorang mencapai rambut sehat yang lebih panjang - ini adalah salah satu suplemen yang paling banyak digunakan untuk menumbuhkan rambut lebih cepat karena memainkan peran kunci dalam rambut sehat.

Vitamin B ini membantu memproduksi glukosa dan memecah protein menjadi asam amino. Karena rambut mengandung keratin, sejenis protein, ini secara alami mendukung rambut yang lebih sehat.

Meskipun banyak produk perawatan rambut mengandung biotin, itu tidak berarti tubuh Anda tidak perlu mendapatkan nutrisi dari diet Anda.

Makan makanan seperti lentil, walnut, sayuran hijau gelap, salmon dan raspberry, akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak nutrisi ini untuk meningkatkan kepadatan rambut Anda serta memiliki rambut yang lebih tebal dan panjang.

3. Vitamin C
Vitamin C terkenal untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi kita dari pilek dan berbagai macam penyakit, tetapi juga penting untuk kesehatan rambut.

Itu karena ini adalah kolagen, protein struktural penting yang diperlukan untuk rambut yang kuat, sehat, serta kulit dan kuku.

Ini juga membantu tubuh memanfaatkan zat besi dari makanan nabati, dan karena itu adalah antioksidan dengan kemampuan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh, dan rambut, membuatnya lemah dan rapuh.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan ujung rambut bercabang dan kerontokan rambut juga.

Beberapa sumber makanan terbaik dari vitamin C termasuk yang paling jelas, jeruk, meskipun ada sumber yang lebih baik, seperti paprika, brokoli, stroberi, dan nanas.

4. Vitamin D
Kekurangan telah dikaitkan dengan banyak jenis masalah kesehatan, termasuk beberapa kanker, keropos tulang dan gangguan autoimun.

Karena vitamin D juga penting untuk pertumbuhan folikel rambut yang sehat, defisiensi vitamin D dapat menyebabkan kerontokan rambut atau ketidakmampuan untuk menumbuhkan lebih banyak rambut.

Karena kulit kita memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari, penting untuk keluar rumah setidaknya selama 15 menit setiap hari, juga untuk makan makanan yang kaya akan kandungan vitamin D, seperti tuna, salmon dan telur.

5. Vitamin E
Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ini juga membantu memperbaiki dan membangun jaringan yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Tidak mengherankan, sayuran berdaun hijau, yang menawarkan berbagai macam nutrisi kuat, juga merupakan sumber vitamin E terbaik.

Selain sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan berlemak seperti tuna dan salmon, juga merupakan sumber vitamin E.

Hanya seperempat cangkir biji bunga matahari menawarkan 80 persen dari nilai harian yang disarankan dari vitamin ini, sementara satu cangkir bayam menyediakan 40 persen.

6. Zat Besi
Besi merupakan mineral penting yang diperlukan agar tubuh berfungsi dengan baik. Jika Anda memiliki kekurangan zat besi, rambut Anda bisa menjadi tipis, kering dan kusam karena mineral ini membantu membawa oksigen ke akar rambut, sehingga membuatnya diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Jika Anda kehilangan lebih banyak rambut daripada yang terlihat normal, menggabungkan makanan kaya zat besi adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerontokan lebih lanjut dan meningkatkan pertumbuhan rambut baru.

Perlu diingat bahwa zat besi diserap secara berbeda ketika berasal dari sumber hewani, seperti steak, daripada ketika berasal dari sumber tanaman.

Para ahli merekomendasikan mengkonsumsi sumber zat besi berbasis nabati dengan makanan yang mengandung vitamin C untuk penyerapan yang lebih baik dan hasil terbaik.

Makanan nabati kaya zat besi termasuk lentil, bayam, kacang garbanzo, biji wijen, rumput laut dan lobak Swiss. Satu cangkir lentil memberikan 37% dari jumlah harian yang direkomendasikan.

7. Magnesium
Magnesium diperlukan untuk banyak proses tubuh yang berbeda. Mineral ini sangat penting bagi tubuh untuk berfungsi dengan baik, dan luar biasa, hampir 80 persen orang Amerika dikatakan memiliki kekurangan nutrisi penting ini.

Tanpa itu kita bisa merasa lemah, dan bahkan usia lebih cepat, kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan diabetes, osteoporosis, tekanan darah tinggi, masalah jantung, sembelit, depresi, kecemasan dan kelelahan kronis.

Tidak mengherankan, itu juga mempengaruhi rambut.

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa defisit dalam mineral ini akan mempengaruhi pertumbuhan rambut dan mendorong rambut rontok abnormal karena folikel membutuhkan magnesium untuk kekuatan. Karena folikel bertanggung jawab atas pertumbuhan rambut, defisiensi menyebabkan rambut rontok, dan berpotensi botak.

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber magnesium, terutama biji labu yang mengandung sekitar setengah dari kebutuhan tubuh hanya dalam seperempat cangkir.

Sumber utama lainnya termasuk bayam, lobak Swiss, dan biji wijen. Atau, dapatkan lebih banyak magnesium secara topikal dengan menerapkan lotion magnesium buatan sendiri atau mandi garam Epsom yang kaya magnesium .

8. Niasin
Niacin, juga dikenal sebagai Vitamin B3 atau asam nikotinat, adalah vitamin yang kurang dikenal yang memainkan peran besar dalam pertumbuhan rambut yang sehat.

Ini membantu untuk menyehatkan kulit kepala dengan meningkatkan sirkulasi, serta mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Fungsi utamanya adalah mengubah karbohidrat menjadi energi, dan juga membantu menjaga struktur sel-sel darah dan memperbaiki sirkulasi darah, yang menghasilkan aliran darah yang lebih besar ke kulit kepala, serta lebih banyak oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

Kekurangan dapat menyebabkan rambut kusam, rapuh, dan bahkan kerontokan rambut. Ini juga dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan lainnya, seperti mual, diare, luka kulit bersisik, delusi atau kebingungan mental.

9. Seng
Seng adalah mineral penting untuk kesehatan rambut, serta kulit dan kuku. Ia bekerja untuk memperbaiki kerusakan sel, sementara juga menjaga kelenjar minyak yang mengelilingi folikel dalam bentuk ujung-atas.

Beberapa ahli percaya bahwa kekurangan mineral ini dapat menyebabkan kerusakan struktur protein yang membentuk folikel rambut. Ketika folikel rambut melemah, ini bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Selain itu, seng dianggap memainkan peran kunci dalam produksi DNA dan RNA yang diperlukan untuk pembagian sel-sel folikel rambut yang normal, yang mengarah ke pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Karena seng juga berperan dalam menjaga tingkat hormon seimbang, mungkin alasannya sangat efektif dalam mencegah kerontokan rambut.

Mendapatkan cukup seng dalam diet Anda juga menawarkan bonus lain: dapat membantu menghilangkan ketombe yang menyebalkan itu.

Dari semua makanan, tiram mengandung paling banyak seng, dengan lebih dari dua kali jumlah harian yang direkomendasikan hanya dalam enam tiram.

Makanan lain yang kaya seng termasuk daging sapi dan domba, bayam, biji labu, dan kacang mete.

10. Protein
Karena rambut terdiri dari protein, pastikan Anda mendapatkan cukup dari itu dalam diet Anda sangat penting untuk rambut yang kuat, panjang dan sehat.

Satu untai terdiri dari serat protein, yang berarti bahwa ia harus menerima dosis protein yang cukup untuk tumbuh.

Tanpa cukup protein dalam diet Anda, tubuh tidak akan dapat memberi makan folikel rambut Anda, yang menghasilkan rambut kering, rapuh dan lemah.

Mereka yang sudah makan diet protein sangat rendah sering mengalami setidaknya beberapa kerontokan rambut.

Makanan laut adalah sumber yang sangat baik, terutama ikan seperti salmon yang ditangkap secara liar, serta daging seperti ayam, dan telur.

Jangan khawatir jika Anda vegan atau vegetarian, karena Anda masih memiliki banyak pilihan berbasis tanaman, seperti brokoli, bayam, quinoa, dan kacang-kacangan.

Bahkan, satu setengah cangkir kacang mengandung protein sebanyak satu ons steak. Biji rami dianggap sebagai salah satu makanan paling sempurna di alam, dikemas dengan protein namun lebih mudah dicerna daripada daging, telur, dan banyak pilihan protein tinggi populer lainnya.

Baca juga:


Dengan adanya ulasan artikel Cara Alami Menguatkan Akar Rambut Supaya Tidak Rontok, kami berharap semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk mengatasi berbagai masalah di rambut dan menjaga rambut pada tingkat kesehatan yang optimal. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Anda ya...