Khasiat dan Manfaat Kayu Manis untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Ada beberapa aroma yang mengingatkan kita pada kenyamanan rumah dan bisa menenangkan tubuh kita. Contohnya: kayu manis.

Bumbu ini berasal dari batang pohon cinnamomum. Kulit bagian dalam kemudian diekstraksi, dan bagian kayu dikeluarkan dan dibiarkan mengering.

kayu manis yang sudah kering ini juga bisa digiling untuk menghasilkan bubuk kayu manis.

Bumbu ini menjadi sangat berharga, dan berdasarkan penelitian terbaru telah membuktikan bahwa kayu manis mengandung nutrisi yang akan menguntungkan tubuh Anda.

Kayu manis memiliki kandungan kalsium, serat dan mangan, serta antibakteri, antijamur, antimikroba, dan antioksidan yang tinggi. Ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Kayu Manis untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Khasiat dan Manfaat Kayu Manis untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda
Berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat kayu manis untuk menjaga kesehatan yang perlu Anda ketahui;
  1. Mengandung antioksidan: Polifenol dalam kayu manis dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  2. Memiliki sifat anti-inflamasi: Cinnamaldehyde, senyawa berminyak yang bertanggung jawab atas aroma dan aroma kayu manis, dapat membantu mengurangi peradangan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kayu manis dapat menargetkan jalur inflamasi dan membantu mencegah penyakit neurodegeneratif.
  3. Meningkatkan fungsi kognitif: Satu studi membuktikan bahwa aroma kayu manis bekerja lebih baik daripada peppermint dan melati dalam meningkatkan fungsi kognitif. Studi melaporkan skor yang lebih baik pada tugas yang melibatkan proses attentional, memori pengenalan virtual, memori kerja dan kecepatan respon visual motor setelah mereka mencium kayu manis atau permen karet yang terbuat dari kayu manis.
  4. Meningkatkan kesehatan otak: Dua senyawa dalam kayu manis, cinnamaldehyde dan epicatechin, terbukti menghambat agregasi protein yang disebut "tau". Tau memainkan peran besar dalam struktur dan fungsi neuron. Meskipun protein ini normal dalam struktur sel, jika tau terakumulasi, ia dapat mengembangkan "mengganggu neurofibrillary," yang merupakan ciri penyakit Alzheimer. Cinnamaldehyde dan epicatechin terbukti melindungi tau dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan disfungsi.
  5. Menurunkan berat badan: Kayu manis terbukti efektif dalam mengatur respons glukosa postprandial, atau jumlah gula darah yang ditemukan di dalam darah Anda setelah makan.
  6. Membantu meredakan sakit tenggorokan dan / atau batuk: Serat larut yang disebut lendir tercipta saat Anda merendam kayu manis di air. Lendir kemudian melapisi dan menenangkan tenggorokan saat Anda meminum infus ini. Sifat antibakteri rempah ini juga membantu mengobati penyakit ini. Peningkatan aliran darah dan kadar oksigen darah (yang bisa membantu dalam melawan infeksi) juga bisa terjadi karena sifat pemanasan kayu manis.
  7. Mencegah Kanker: Cinnamaldehyde terbukti menggagalkan sel kanker usus besar dan mungkin efektif juga pada sel kanker hati manusia.
  8. Mencegah penyakit jantung: Kayu manis tidak hanya membantu menstabilkan kadar kolesterol HDL, namun juga dapat menurunkan kolesterol total, kadar kolesterol LDL dan trigliserida.
  9. Mengurangi gejala ADHD: Penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan motivasi dan kinerja dan mengurangi kecemasan dan frustrasi saat mengemudi. Selanjutnya, bumbu serba guna ini, juga membantu menetralkan efek stres oksidatif yang biasanya terwujud pada anak-anak dengan ADHD.
  10. Membantu pasien diabetes: Kayu manis membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan memperlambat pengosongan lambung untuk mengurangi gula darah yang meningkat setelah makan. Kayu manis juga terbukti memperbaiki status glikemik, terutama di tingkat glukosa darah di antara pasien diabetes tipe 2. Metabolisme glukosa tubuh juga meningkat sekitar 20 kali, sehingga membantu meningkatkan kemampuan tubuh mengatur gula darah. Terakhir, kayu manis menunjukkan potensi untuk menjadi pengganti insulin untuk pasien diabetes Tipe 2 karena adanya komponen bioaktif dengan efek mirip insulin.

Bagaimana Cara Menggunakan Kayu Manis?

Kebanyakan orang mengenal kayu manis karena ini adalah ramuan yang populer, dan sering di gunakan untuk membuat kue kering.

Tahukah Anda, bahwa kayu manis dapat dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan juga?

Bumbu ini dikenal membantu mengobati kejang otot, muntah, diare, infeksi, kehilangan nafsu makan, disfungsi er*eksi dan pilek, serta membantu mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih, kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Berikut adalah cara brilian lainnya untuk menggunakan kayu manis yang bisa Anda coba terapkan di rumah:

Mengobati Kaki Atlet

Atasi kaki atlet Anda dengan teh kayu manis untuk membunuh jamur penyebab kaki atlet. Anda dapat menggunakan air mendidih dan kemudian menambahkan beberapa batang kayu manis sesudahnya. Setelah campuran siap, rendam kaki Anda dalam air hangat selama beberapa menit per malam.

Meredakan Mual

Saat tertelan, teh kayu manis bekerja dengan baik dalam membantu meredakan mual karena adanya katekin. Cobalah, rebus 1 sendok teh kulit kayu manis dalam secangkir air selama sekitar 10 menit, saring cairan dan kemudian minumannya.

Namun, jika Anda sedang hamil, jangan minum campuran ini.

Kayu Manis Untuk Masker Rambut

Jika Anda ingin membantu menghindari rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut, cobalah untuk membuat masker rambut yang dicampur dengan kayu manis. Temukan resepnya disini "Cara Menggunakan Kayu Manis Untuk Rambut".

Kayu Manis untuk Terapi Pijat atau Mandi

Campurkan setengah sendok teh bubuk kayu manis, satu setengah cangkir minyak almond atau wijen dan satu sendok teh ekstrak vanili murni. Sebelum menggunakan, goyangkan minyak dengan lembut.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat kayu manis untuk kesehatan dan cara menggunakannya. Sekian artikel ini, dan semoga bermanfaat.

Dengan adanya ulasan artikel Khasiat dan Manfaat Kayu Manis untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda, kami berharap semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk mengatasi berbagai masalah di rambut dan menjaga rambut pada tingkat kesehatan yang optimal. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Anda ya...