Cara merawat rambut alami dengan santan kelapa - Sebuah cairan berwarna putih yang dihasilkan dari daging buah kelapa matang, atau lebih dikenal dengan nama santan kelapa, diketahui kaya akan kandungan minyak yang tinggi, dinegara barat santan kelapa karena berwarna putih, mereka menamakannya dengan sebutan susu kelapa atau coconut milk.

Kandungan lemak pada santan kelapa ini terdiri dari beberapa jenis lemak termasuk lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak omega 3, lemak omega 6 dan lemak tak jenuh tunggal.

Dari kandungan lemak alami yang ditawarkan santan kelapa, tak heran jika mereka telah dijadikan sebagai bahan makanan yang populer digunakan di Asia Tenggara, Karibia dan Amerika Selatan bagian utara.

Proses pengolahan daging buah kelapa yang dijadikan santan dapat ditempuh dengan berbagai cara.

Cara sederhana ialah dengan memarut daging buah kelapa matang, setelah parutan kelapa dirasa cukup, selanjutnya kita memerasnya bersama dengan pencampuran sedikit air untuk menghasilkan cairan santanya.

Selain mengandung beberapa jenis lemak, santan kelap juga dikemas dengan berbagai nutrisi dan mineral yang baik, seperti: magnesium, fosfor, potassium, tembaga, selenium, zinc, folat, vitamin C, vitamin E, K, B6, thiamin, niasin, kolin, asam pantotenat, dan kalsium.

Beberapa kandungan yang dimiliki santan kelapa dapat berguna untuk mengatasi masalah rambut. Santan adalah obat yang sangat baik untuk rambut dan terkait masalah kulit lainnya. Simak terus artikel ini untuk menemukan bagaimana santan kelapa dapat dijadikan sebagai perawatan rambut alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut Anda.
Cara Merawat Rambut Alami dengan Santan Kelapa

Manfaat Santan Kelapa Untuk Kesehatan Rambut

Karena dikemas dengan bermacam-macam vitamin dan mineral, santan kelapa menawarkan berbagai manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Selain manfaat kesehatan, santan juga baik dalam meningkatkan kecantikan.

Sama seperti minyak kelapa, santan Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari santan untuk rambut Anda dalam banyak cara. Hal ini sering digunakan dalam masker rambut dan mengisi rambut Anda dengan protein.

Membuat masker rambut dengan santan kelapa, Anda hanya membutuhkan langkah-langkah sederhana untuk membuat ini. Lupakan santan kaleng. Karena perawatan rambut terbaik dengan santan adalah membuat santan di rumah dengan cara tradisional dan pastinya bebasa dari bahan pengawet.

Cara Meluruskan Rambut dengan Masker Rambut dari Santan Kelapa dan Jus Lemon

Salah satu ramuan alami Ini mungkin adalah masker rambut yang paling menyegarkan yang pernah Anda gunakan. Menambahkan beberapa lemon akan memberikan nuansa menyegarkan bagi rambut Anda.

Menggunakan masker rambut dengan bahan-bahan ini memiliki dua kemampuan, yang pertama akan membuat rambut keriting Anda lurus, dan yang kedua akan membuat rambut Anda berkilau, sehat dan kuat. Cara alami meluruskan rambut ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan bahan-bahan alami dari dapur Anda.

Air Lemon dikemas dengan vitamin dan antioksidan yang berkhasiat untuk menutrsisi ramabut dan kulit kepala secara optimal. Sedangkan santan kelapa akan memberi nutrisi secara optimal sekaligus melembapkan sel kulit kepala dan rambut. Ketika kedua bahan ini digabungkan sebagai kombinasi, mereka akan membantu meluruskan rambut.

Campurkan satu cangkir santan dengan jus lemon. Lalu tempatkan di lemari es, biarkan campuran menebal. Setelah mengental, oleskan secara merata pada rambut dan pijat lembut. Setelah itu tutupi rambut dengan topi mandi dan biarkan selama sekitar satu jam. Kemudian cuci rambut seperti biasa.

Jika Anda melakukan perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu, rambut Anda akan lebih halus dan lurus. Namun jangan melakukan perawatan ini setiap hari, karena bahan-bahan alami ini mengandung banyak minyak yang dapat menyebabkan kulit kepala menyimpan cadangan minyak jika dilakukan terlalu sering.

Baca juga "Cara Memanjangkan Rambut dengan Bayam"

Santan Kelapa Mengatasi Rambut Kering

Santan memiliki sifat pelembab yang sangat baik, dan dapat digunakan sebagai pengobatan kulit kepala untuk kulit kepala kering, gatal dan iritasi. Penggunaan santan kelapa untuk perawatan rambut ini akan memelihara rambut Anda dengan memberikan kelembaban alami dari akar sampai ke ujung.

Mantel rambut kering Anda dengan campuran 6 sendok makan santan, 3 sendok makan minyak kelapa, dan 2 sendok makan madu. Tutup dengan topi plastik dan diamkan selama 20-30 menit sebelum dicuci.

Cara lain, sediakan ½ cup santan, dua sendok makan minyak kelapa, dan dua  kapsul vitamin E, Campurkan semua bahan hingga merata, oleskan pada rambut dari akar hingga ke ujung rambut, bungkus rambut Anda menggunakan  shower cap, dan diamkan selama 30 menit, setelah selesai cuci seperti biasanya. Cara ini dapat dilakukan seminggu sekali pada rambut kering Anda.

Baca juga "Masker Telur Untuk Rambut Kering"

Santan Kelapa sebagai kondisioner

hanya memijat campuran 2 sendok makan santan, 2 sendok makan kondisioner favorit Anda, dan 2 sendok makan minyak favorit Anda setelah keramas. Lalu bilas seperti biasa.

Santan Kelapa untuk Perawatan Kulit Kepala Kering

Memanaskan ½ cangkir santan kemudian pijat ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Santan Kelapa untuk rambut rontok

Dalam mangkuk aduk 1 cangkir santan, ½ cangkir yogurt, dan 2 sendok makan minyak kamper (camphor oil). Terapkan ke kulit kepala (Aplikasikan ke daerah bermasalah) kemudian pijat lembut, setelah itu diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas dengan air hangat. Bungkus rambut basah dengan handuk dan biarkan kering tanpa menggosok.

Baca juga " Daun Jambu Biji untuk Rambut Rontok"

Santan Kelapa Sebagai Detangler

Hanya menggosok santan ke rambut Anda dan mencegah kusut dengan jari, kuas, atau sisir yang lebar. untuk manfaat tambahan, Anda dapat menambahkan beberapa minyak favorit Anda.

Santan Kelapa untuk Hydrating Rambut

Kocok 1 buah alpukat matang (tumbuk), 2 sendok makan minyak kelapa atau zaitun, dan ½ cup santan. Terapkan masker untuk rambut dan tutup dengan tutup plastik selama setidaknya satu jam. Bilas dengan sampo seperti biasa.

Demikianlah artikel tentang cara merawat rambut alami dengan santan kelapa, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. :)