Rambut mulai beruban adalah tanda penuaan dan merupakan bagian alami dari tumbuh. Ini menandakan campuran rambut putih, dicampur dengan rambut hitam, membuat penampilan rambut tampak abu-abu.  Dikatakan bahwa uban muncul saat seseorang sudah mulai menua. Namun, jika rambut beruban terjadi sebelum waktunya, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Atasi Uban Bermunculan dengan Cara Merawat Rambut ini!

Setiap helai rambut terdiri dari dua bagian, poros, dan akar. Akar setiap helai rambut dikelilingi oleh folikel rambut di bawah kulit, yang berisi melanosit. Melanosit adalah sel-sel pigmen yang terus-menerus menghasilkan kimia yang dikenal sebagai melanin.

Rambut memiliki dua jenis pigmen melanin: satu lebih gelap disebut eumelanin dan lebih ringan dikenal sebagai phaeomelanin. Keduanya berbaur untuk membuat berbagai macam warna rambut alami. Pigmen melanin bertanggung jawab untuk warna rambut menjadi coklat, pirang, hitam, merah, dan warna rambut lainnya. Karakter gelap atau lebih terang dari rambut ditentukan oleh jumlah melanin yang hadir pada folikel rambut.

Beberapa Cara Mengatasi Rambut Beruban

Mengapa kita harus mewarnai rambut kita dengan warna rambut buatan dan mengekspos rambut kita untuk bahan kimia berbahaya, yang dapat menyebabkan kualitas rambut menjadi rusak, dan rontok. Ketika uban muncul perhatikan pula beberapa hal berikut ini agar rambut tetap sehat dan penampilan juga tetap terjaga.

Pakai Sampo Khusus Rambut Beruban

Untuk cara mengatasi uban, menjaga rambut anda tetap sehat dan terjaga. Maka Anda sebaiknya tidak mengguankan sampo yang sama dalam waktu yang lama. Jika rambut Anda beruban, pilihlah sampo khusus untuk rambut beruban, atau pakai sampo khusus rambut kering karena rambut beruban cenderung kering.

Pakai air lemon

Walaupun cara mengatasi rambut beruban menggunakan air lemon membutuhkan proses yang lama. Tapi, air lemon merupakan salah satu bahan alami yang ampuh digunakan untuk mengatasi rambut beruban. Anda dapat menggunakan air lemon untuk mengobati rambut beruban, cukup dengan mengambil 10 ml perasan lemon kemudian dicampur dengan 100 ml air hangat. Setelah itu, usapkan pada rambut sesudah keramas. Lemon mengandung Citric acid yang berkhasiat untuk mengembalikan pigmentasi rambut yang beruban.

Cara Mencegah Rambut Beruban

Setelah melihat solusi alami yang dapat menjaga agar rambut tetap sehat dan penampilan juga tetap terjaga, mari kita melihat perubahan dalam kebiasaan yang dapat membantu Anda mencegah rambut abu-abu kapan saja di masa mendatang.

Berhenti Merokok

Merokok adalah pilihan gaya hidup yang buruk dan menyebabkan tubuh menua sebelum waktu-Nya. Kebiasaan ini mengarah tidak hanya untuk rambut abu-abu tetapi juga untuk berbagai komplikasi dalam kehidupan.

Hindari Junk Food, kopi dan alkohol

Kopi, alkohol dan junk food semuanya devitalizing dan penggunaan berlebihan dari barang-barang ini biasanya menyebabkan penuaan dini. Sebagai akibatnya, Anda mulai terlihat lebih tua dari normal dan membuat rambut hitam mulai berubah abu-abu. Jadi, jika Anda serius tentang mencegah pertumbuhan rambut abu-abu maka Anda harus menghindari junk food, kopi dan alkohol sebanyak mungkin.

Kendalikan Stres

Terlalu banyak stres dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Orang-orang yang bekerja secara konsisten di bawah tekanan, stres dan ketegangan harus mencoba yoga dan teknik santai lainnya, untuk menghindari penuaan dini dan perubahan pada rambut menjadi beruban.

Rutin Berolahraga

Tubuh yang sehat dan bugar bekerja secara alami untuk menjaga semuanya dalam bentuk. Berolahraga secara teratur dapat membuat Anda bugar dan sehat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala Anda juga. Hal ini menyebabkan pertumbuhan rambut yang lebih baik dan mencegah rambut beruban juga.

Pilih Diet Sehat

Diet sehat memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Sebuah diet yang tepat, mencegah rambut beruban harus dimasukan dalam makanan yang kaya mineral dan vitamin A bersama dengan besi. Yogurt dan sereal yang kaya nutrisi, sementara sayuran hijau dan buah-buahan berwarna kuning merupakan sumber yang sama besar juga.