Merawat rambut merupakan salah satu kewajiban, terutama bagi para wanita karena rambut ibarat mahkota kemuliaan, dengan memiliki rambut yang indah akan memancarkan kecantikan tambahan bagi pemiliknya. Sayangnya, rambut dapat rusak relatif cepat, dan membawanya kembali ke kesehatan yang baik dapat memakan waktu. Tapi, jangan khawatir; cara merawat rambut ampuh kali ini akan menawarkan tips tentang cara untuk perawatan rambut rusak menggunakan bahan-bahan alami.

Perawatan Rambut Rusak

Perawatan Rambut Rusak, Kumpulan Tips Perawatan Rambut Rusak
Dikarenakan rambut rusak dapat mengganggu penampilan seseorang yang memilikinya. Maka dibutuhkan perawatan rambut yang tepat untuk mengembalikan keindahan rambut yang rusak, dan kabar baiknya untuk merawat rambut agar tidak rusak dapat di tempuh dengan cara yang sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Penyebab Kerusakan Rambut

Jika rambut Anda rusak, hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya terlihat lebih baik dan mengembalikan kesehatan pada rambut ialah mengetahui penyebab kerusakannya. Karena dengan mengetahui penyebabnya maka Anda akan semakin mudah untuk menemukan solusi perawatan rambut rusak dan mengatasinya. Beberapa penyebab rambut rusak di antaranya sebagai berikut:

Kerusakan fisik
Ini adalah jenis yang paling umum dari kerusakan rambut dan memiliki efek paling drastis pada rambut. kerusakan fisik rambut yang disebabkan oleh gaya rambut yang mempengaruhi kesehatan dan kekuatan rambut. Gaya rambut yang dilakukan terlalu sering dan terlalu ketat, mereka dapat menyebabkan ketegangan pada tepi rambut yang dapat menghasilkan garis rambut surut.

Kerusakan rambut akibat kimia
Salah satu alasan mengapa banyak wanita melakukan transisi ke rambut alami mereka adalah karena kerusakan kimia yang mereka alami dari relaxers atau kerusakan panas konstan yang mereka alami untuk meluruskan rambut mereka. Namun, hanya karena relaxers adalah sesuatu dari masa lalu, itu tidak berarti bahwa Anda tidak pernah dapat mengalami kerusakan kimia.

Wanita dengan rambut alami yang masih menjalani perawatan kimia setiap sekali-sekali untuk membantu memperbaiki penampilan rambut mereka atau untuk mengubah gaya rambut mereka. Perawatan kimia seperti pemutih, highlight dan pewarnaan dapat memiliki konsekuensi serius pada kesehatan rambut jika mereka tidak dilakukan dengan benar. Hal ini karena perawatan kimia mengubah struktur kimia dan fisik rambut.

Kerusakan rambut akibat lingkungan
Kondisi lingkungan tempat tinggal Anda juga dapat membantu untuk berkontribusi pada kesehatan rambut Anda secara keseluruhan. Daerah dengan perubahan konstan dari udara luar dingin ke udara dalam ruangan yang hangat dapat menyebabkan lapisan kutikula rambut kehilangan kelembaban dengan cepat.

Paparan panas matahari di musim panas juga dapat mempengaruhi kesehatan lapisan kutikula rambut. Dampak lingkungan pada rambut tidak dapat dihindari, tetapi mereka dapat lebih baik dikelola oleh cara Anda menyesuaikan rejimen rambut Anda agar sesuai dengan keadaan di lingkungan Anda.

Kerusakan rambut akibat kekurangan gizi
Meskipun rambut adalah benda mati, folikel rambut tumbuh keluar dari sebuah organisme hidup yang harus bergizi baik. Oleh karena itu, nutrisi yang tepat diperlukan untuk membawa nutrisi ke folikel rambut. Ketika tubuh tidak menerima nutrisi yang memadai. Akibatnya, kondisi kesehatan rambut akan terganggu.

Juga, pertumbuhan dan penampilan rambut juga terpengaruh ketika seseorang berada di bawah stres, pengobatan atau dalam kondisi kesehatan yang serius. Kerusakan rambut yang terjadi sebagai akibat dari masalah kesehatan hanya dapat diselesaikan setelah tubuh telah kembali sehat melalui penggunaan obat.

Meskipun kerusakan rambut terjadi dalam berbagai cara, cara yang paling efektif untuk menjaga rambut sehat adalah dengan meminimalkan kerusakan yang berada dalam kendali Anda.

Kumpulan Tips Perawatan Rambut Rusak

Memperbaiki kerusakan rambut memang bukanlah pekerjaan mudah, dibutuhkan kesebaran untuk menganbalikan kesehatan rambut Anda seperti semula, dan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan sendiri. Berikut ini adalah kumpulan tips perawatan rambut rusak menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dan murah juga efektif mengatasi rambut rusak:

Memperbaiki Rambut Rusak dengan Buah Alpukat

Memperbaiki Rambut Rusak dengan Buah Alpukat
Alpukat kaya akan vitamin, lemak, protein dan minyak alami yang dapat melapisi dan melembutkan rambut. Minyak yang di hasilkan dari buah ini membentuk pelindung yang membuat rambut terhidrasi, lembut dan fleksibel. Anda dapat menerapkan alpukat untuk rambut rusak sekali atau dua kali seminggu untuk memperbaiki tekstur dan kemilau rambut Anda.

Resep Perawatan Rambut Rusak dengan Buah Alpukat
  • #Resep 1: Hancurkan alpukat matang (buang bijinya) lalu kombinasikan dengan satu telur, kemudian menerapkan obat rumah ini untuk rambut basah. Biarkan selama setidaknya 20 menit, lalu bilas beberapa kali. Ulangi seminggu sekali untuk rambut rusak dan sebulan sekali untuk rambut sehat.
  • #Resep 2: Masker alpukat, madu dan minyak zaitun. - Masker ini bekerja dengan baik untuk perawatan rambut rusak. Semua tiga bahan dalam masker rambut adalah agen pelembab yang kuat. Masker rambut ini membantu dalam memulihkan penghalang alami dari poros rambut dan kulit kepala dan membuat rambut lembut dan halus. Untuk membuat masker rambut ini, Anda akan memerlukan alpukat matang, dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok madu. Menyendok bagian berdaging dari alpukat dan berbaur dengan bahan lainnya sampai Anda mendapatkan pasta halus. Menutupi kulit kepala dan rambut dengan pasta. Biarkan setidaknya selama 30 menit. Kemudian cuci dengan sampo ringan.
  • #Resep 3: Masker Alpukat dan Telur. - Untuk menghentikan kerusakan rambut dan untuk memperbaiki tekstur rambut Anda, merawat rambut Anda dengan masker alami yang berisi alpukat dan telur sebagai perawatan alami rambut rusak. Telur kaya akan protein yang membantu dalam memperbaiki rambut rusak. Kocok telur besar. Mengambil setengah dari buah alpukat dan hancurkan dagingnya. Campur alpukat yang sudah di haluskan dengan telur kocok dan satu sendok makan minyak zaitun atau madu. Tambahkan 5-8 tetes minyak esensial lavender. Oleskan masker rambut untuk rambut dan kulit kepala. Biarkan alpukat dan campuran telur pada kulit kepala Anda setidaknya selama 30 menit. Gunakan sampo ringan untuk mencuci masker.
  • #Resep 4: Masker Alpukat Dan Pisang - Masker alpukat dan pisang untuk rambut adalah pilihan yang baik untuk perawatan rambut rusak yang telah menjadi terlalu kering. Masker ini membantu untuk melindungi batang rambut. Bahan yang Anda perlu untuk membuat masker rambut adalah satu alpukat matang, satu pisang matang, satu sendok makan minyak bunga matahari atau minyak zaitun dan 2 sampai 5 tetes melati, jeruk, atau minyak esensial lavender. Hancurkan pisang dan daging alpukat. Campur semua bahan. Menutupi kulit kepala dan rambut dengan campuran. Biarkan selama 20 sampai 30 menit dan kemudian bilas dengan sampo ringan.
  • #Resep 5: Minyak Alpukat Dan Minyak Kelapa - Terlepas dari daging alpukat, Anda dapat menggunakan minyak alpukat untuk perawatan rambut rusak. minyak alpukat dengan mudah menembus kulit kepala dan batang rambut. Untuk mengobati rambut kering dan rapuh, berbaur dengan dua sendok makan minyak alpukat dengan jumlah yang sama dari minyak kelapa. Untuk manfaat tambahan menambah lima tetes minyak esensial rosemary. Oleskan campuran minyak untuk kulit kepala dan rambut. Bungkus rambut dengan handuk basah yang hangat. Meninggalkan minyak pada rambut Anda selama 30 sampai 60 menit. Cuci rambut Anda dengan sampo biasa.
  • #Resep 6: Masker Alpukat dan Aloe Vera -  Untuk perawatan rambut rusak, oleskan masker rambut yang mengandung lidah buaya dan alpukat. Lidah buaya dikemas dengan nutrisi yang membantu mencukupi gizi surai rambut yang rusak. Untuk membuat masker rambut ini, Anda perlu ¼ cangkir gel lidah buaya, daging alpukat matang, satu sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa dan satu sendok teh jus lemon. Campurkan semua bahan sampai Anda mendapatkan pasta halus. Tutup rambut dengan pasta. Biarkan selama 20 menit dan kemudian mencuci rambut Anda.