Cara merawat rambut agar lebih kuat menggunakan perawatan alami - Rambut Anda merupakan bagian yang akan memancarkan kepribadian Anda. Tapi, jika perawatan yang tepat tidak dilakukan, banyak yang bisa terjadi pada rambut Anda dan menurunkan kesehatan rambut Anda. Padatnya aktivitas sehari-hari dan stres yang meningkat membawa korban pada tubuh Anda dengan berbagai cara, dan rambut yang lemah bisa menjadi hasil yang dari kondisi ini.

Rambut yang kuat dan sehat adalah sesuatu yang banyak dikeluhkan wanita. Tidak semua orang diberkati dengan rambut alami yang tebal dan cantik. Meski jadwal sibuk dan kesehatan rambutmu buruk, dengan dedikasi dan perawatan yang tepat, Anda juga bisa memperoleh rambut yang kuat dan sehat.

Pada artikel ini, kami akan memberitahu Anda bagaimana cara mendapatkan rambut yang kuat dengan perawatan alami. Tapi, bagaimana Anda tahu jika rambut Anda perlu mendapat perhatian khusus? Pertama mari kita kenali tanda-tanda rambut lemah.

Apa Gejala tentang Rambut Lemah?

1. Mengalami kerusakan rambut lebih dari biasanya
2. Rambut yang nampak kusam dan tak bernyawa
3. Ujung Rambut Bercabang
4. Rambut Menjadi Kering
5. Tekstur Rambut MEnjadi kasar dan keriting
6. Rambut kusut
7. Rambut menipis
8. Rambut yang lemas dan tidak bisa menahan gaya

Apa Penyebab Rambut Lemah pada Wanita?

Cara Merawat Rambut Agar Lebih Kuat dengan Perawatan Alami
Rambut yang lemah pada wanita dapat disebabkan oleh beberapa kondisi sebagai berikut:

[Baca Juga: Cara Merawat Rambut Alami Agar Tidak Mudah Rontok]

1. Genetika

Gen Anda adalah faktor yang paling berpengaruh dalam hal tekstur dan kekuatan rambut Anda. Apakah Anda mendapatkan rambut tebal dan kasar atau rambut halus dan lembut, itu tergantung pada susunan genetik rambut Anda, yang diturunkan dari orang tua Anda. Kelainan rambut yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda juga bergantung pada predisposisi genetik Anda.

2. Penggunaan Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimiawi, dalam bentuk pewarnaan atau perubahan struktur rambut Anda, merusak kutikula Anda dan membuat rambut Anda lemah. Kutikula adalah lapisan luar rambut Anda, yang berfungsi sebagai penghalang yang melindungi batang rambut. Setelah rusak, rambut menjadi lemah dan keropos. Hal ini juga bisa menyebabkan rambut rontok.

3. Penggunaan Alat Panas yang berlebihan

Menangani rambut Anda dengan alat-alat panas yang berlebihan, seperti menggunakan alat styling panas secara teratur akan merusak kutikula. Mandi air panas juga memiliki efek yang sangat merusak pada rambut Anda. Hal ini terjadi karena ketika air panas diterapkan pada batang rambut, kutikula naik dan membiarkan kelembaban berlebihan. Kutikula yang meningkat mengurangi kekuatan rambut dan tidak mampu melindungi poros dari faktor eksternal yang berbahaya.

4. Kurangnya Protein

Protein membuat sebagian besar rambut Anda untuk tumbuh. Jika folikel tidak mendapatkan persediaan protein yang cukup, rambut Anda menjadi lemah, rapuh, dan rentan terhadap kerusakan. Kekurangan protein juga dikaitkan dengan kerontokan rambut.

[Baca Juga: Tips Perawatan Rambut Rontok dengan Bayam]

5. Ketidakseimbangan hormonal

Ketidakseimbangan hormonal yang disebabkan karena kelainan tiroid sering menyebabkan rambut rontok. PCOS dan menopause juga bisa menjadi alasan pertumbuhan rambut abnormal.

6. Kebiasaan makan yang buruk

Diet seimbang sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin, mineral, dan protein tertentu, hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan rambut tidak normal.

Cara Mendiagnosis Rambut Lemah?

Ada beberapa tes mudah yang bisa Anda lakukan pada rambut Anda untuk melihat apakah Anda memiliki rambut lemah.

Cara pertama untuk melihat apakah rambut Anda lemah adalah dengan membungkus sedikit rambut Anda di sekitar jari Anda. Jika ada banyak ujung yang terangkat, kemungkinan rambut Anda rusak dan lemah.

Cara lain untuk melihat apakah rambut Anda lemah adalah dengan menarik untai dari kedua sisi dan melihat apakah mudah rusak. Jika ya, rambut Anda lemah dan membutuhkan pertolongan.

Jika Anda ingin tahu bagaimana membuat rambut lebih kuat, kami telah mengumpulkan daftar perawatan alami untuk membuat rambut menjadi kuat.

Cara Membuat Rambut Lebih Kuat Menggunakan Perawatan Alami

Jika Anda bertanya-tanya tentang bagaimana mendapatkan rambut yang kuat, dan apa perawatan alami yang bekerja untuk membuat rambut lebih kuat, kami di sini untuk memberi tahu Anda bahwa bahan-bahan yang telah kami cantumkan dibawah artikel ini dapat melakukannya. Perawatan buatan sendiri yang bagus untuk rambut Anda, dan tidak seperti produk komersial, Anda juga tahu persis apa yang Anda pakai di rambut Anda.

Berikut ini adalah daftar perawatan alami yang menjamin rambut panjang dan juga kuat serta sehat. Inilah tips cara menumbuhkan rambut lebih cepat dengan pengobatan rumah ini.

[Baca juga: Trik Cara Cepat Memanjangkan Rambut Dalam Waktu Singkat]

1. Pijat dengan Minyak Kelapa

Manfaat dan khasiat dari minyak kelapa sangat baik untuk kesehatan rambut. Minyak kelapa adalah salah satu bahan terbaik untuk rambut yang sangat indah. Ini memiliki sifat penetratif, membuatnya lebih baik untuk memberi nutrisi pada batang rambut Anda dengan asam lemaknya.

Pijat akan menyembuhkan kutikula rambut Anda yang rusak dan membuatnya lebih lembut, lebih halus, dan lebih kuat.

Bahan yang kau butuhkan
• 2 sendok makan minyak kelapa hangat
• shower cap

Cara menerapkannya
1. Basahi sedikit rambut Anda dan pijat minyak hangat dengan lembut ke kulit kepala Anda sampai ke ujung rambut Anda.
2. Tutupi rambut Anda dengan dengan shower cap selama 30 menit dan kemudian bilas minyak dengan sampo.

2. Pijat Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial bersifat sebagai obat ajaib dan membantu menguatkan folikel rambut Anda serta memperbaiki untaian rambut yang lemah dari dalam. Jika Anda telah mencari cara untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal, cobalah campuran minyak esensial ini, yang juga merangsang pertumbuhan rambut.

Bahan yang kau butuhkan
• 4 sendok teh minyak biji anggur
• 2 tetes minyak esensial thyme
• 2 tetes minyak esensial cedarwood
• 1/2 sendok teh minyak jojoba
• 3 tetes minyak esensial lavender
• 3 tetes minyak esensial rosemary

Cara mengolahnya
1. Campur semua minyak dan pijat dengan lembut campuran ke kulit kepala Anda. Tutupi rambutmu dari akar sampai ke ujung.
2. Tutup kepala Anda dengan handuk hangat selama 10 menit.
3. Bilas dengan sampo.

3. Telur atau Susu

Telur dan susu sama-sama kaya sumber protein. Mereka memberi makan rambut Anda, memberi zat dan meningkatkan kekuatan rambut.

Bahan yang kau butuhkan
• 2-3 sendok makan susu penuh lemak (tergantung panjang rambut Anda)
atau
• 1-2 butir telur (tergantung panjang rambut anda)

Cara membuatnya
1. Rendam rambut Anda dengan susu tinggi lemak sekitar dua sampai tiga jam. Sebagai alternatif, ambil telur dan campurkan dengan baik. Oleskan pada rambut Anda dan biarkan selama dua jam.
2. Bilas rambut Anda secara menyeluruh setelah perawatan. Anda tidak perlu menggunakan kondisioner.
Cobalah ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

4. Perawatan rambut buatan sendiri

Tonik / bilas rambut ini akan memberi Anda rambut yang bersinar, sehat, dan kuat dengan penggunaan biasa. Buatlah bilas ini sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut Anda dengan menggunakannya setidaknya setiap dua minggu sekali.

Bahan-bahan yang butuhkan
• 2 sendok makan biji peterseli yang di haluskan
• 1/2 cangkir rosemary cincang
• 2 gelas air

Cara membuatnya
1. Rebus bahan dalam air dan biarkan mereka merendam dalam air matang selama 20-25 menit.
2. Biarkan larutan dingin lalu saring dengan hati-hati.
3. Tuangkan cairan pada rambut yang baru dicuci dan bungkus dengan handuk hangat setidaknya selama satu jam. Jangan membilas rambut Anda setelah ini, biarkan kering secara alami.

5. Jus Bawang Untuk Rambut

Jus bawang dikenal karena kemampuannya mengatasi rambut rontok dan mendorong pertumbuhan kembali rambut. Berikut adalah resep yang mudah untuk solusi membuat jus bawang yang akan membuat rambut Anda lebih kuat dan mengatasi kesengsaraan rambut Anda. Anda bisa melakukan ini hingga dua kali seminggu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Bahan-bahan
• 1 bawang merah
• Blender / parutan / juicer
• Strainer

Cara membuatnya
1. Kupas lapisan luar bawang merah dan cuci dengan baik.
2. Parut bawang dengan menggunakan parutan Anda, atau masukan ke dalam blender atau juicer. Dengan menggunakan saringan Anda, peras pulpa untuk mengeluarkan jus sebanyak mungkin.
3. Pijat jus ke rambut dan kulit kepala Anda dan diamkan selama 30-45 menit.
4. Bilas jus dari rambut Anda menggunakan sampo.

Tips Cara Memperkuat Rambut yang lemah


1. Hindari Perawatan Kimia

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahan kimia merusak rambut Anda. Mengolah rambut secara berlebihan dengan bahan kimia akan cenderung membuat rambut mudah rusak dan lemah.

2. Pilih Produk yang Tepat

Pilih produk ringan dengan protein dan bahan bergizi lainnya. Saat memilih sampo, hindari sampo yang mengandung sulfat dan alkohol.

3. Hindari Shampo Harian

Sampo rambut Anda setiap hari akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala Anda, membuat rambut Anda kering dan rawan terhadap kerusakan. Batasi mencuci rambut Anda sampai tiga kali seminggu untuk memastikan kesehatan rambut yang baik.

4. Hindari Alat Styling Panas

Kutikula melindungi rambut Anda dan menjaga rambut agar tetap sehat. Menempatkan rambut Anda melalui penggunaan alat-alat panas yang berlebihan dapat merusak kutikula dan merusak tekstur rambut Anda, sehingga rentan terhadap kerusakan, keriting, dan perpecahan.

5. Meningkatkan Asupan Protein

Protein membentuk bagian terbesar dari penataan rambut Anda. Penting agar Anda mengonsumsi makanan kaya protein seperti ikan, kedelai, dan telur.

6. Konsumsi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Konsumsi omega-3 secara teratur akan memastikan penebalan rambut dan pertumbuhan rambut kembali. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai suplemen, atau makan seafood yang kaya akan asam lemak.

7. Minum Suplemen Multivitamin

Bila Anda gagal memasukkan vitamin tertentu dalam makanan Anda, minum suplemen vitamin adalah ide bagus untuk memastikan bahwa rambut Anda tetap dipelihara. Namun, konsultasikan dengan petugas kesehatan sebelum Anda mulai menggunakan suplemen apa pun.

8. Konsumsi Buah dan Sayuran Segar

Konsumsilah buah dan sayuran segar yang kaya akan vitamin dan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada rambut Anda.

9. Minum Banyak Air

Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan jika Anda menginginkan rambut yang kuat. Menjaga agar rambut terhidrasi sama pentingnya dengan menjaga makanan tetap terjaga. Minum banyak air memastikan rambut dan kulit kepala Anda tetap lembab.

10. Ikuti Diet Sehat

Menjaga diet sehat sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang kuat. Konsumsilah bagian yang direkomendasikan dari vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan air.

Sekarang Anda tahu bagaimana membuat rambut lebih kuat dan tebal, tunggu apa lagi? Ikuti perawatan dan tip ini untuk memastikan rambut Anda tumbuh kuat dan sehat.