Khasiat Bawang Bombay Untuk Rambut Beruban

Khasiat bawang bombay untuk rambut beruban - Bawang bombay yang sarat akan kandungan sulfur atau belerang ini, banyak menawarkan manfaat dan khasiat yang luar bisa untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu manfaat dan khasiat yang akan kami ulas secara khusus dalam artikel cara merawat rambut alami ini, yaitu tentang penggunaan bawang bombay untuk mengobati rambut beruban.

Bawang bombay adalah salah satu jenis sayuran yang diketahui berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok dengan cara merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu, bawang bombay juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan uban, dan telah digunakan sejak lama sebagai pilihan alami mengobati uban prematur.

Bagaimana cara mengobati uban dengan bawang bombay?

Cara alami mengobati uban prematur dengan memanfaatkan bawang bombay bisa ditempuh dengan membuat jus bawang bombay. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat jus bawang bombay. Cobalah resep ini untuk mengilangkan rambut yang beruban.

Resep Jus Bawang Bombay untuk Rambut Beruban

Terapkan jus bawang di kulit kepala selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Usai membilasnya, gunakan sampo untuk menghilangkan aroma bawang.

Setelah mendapatkan jus, penting untuk menerapkan jus dengan cara yang benar. Ikuti prosesnya dengan benar untuk mengubah rambut beruban menjadi hitam.

Masalah rambut beruban di usia muda, benar-benar tersirat dalam kondisi kesehatan. Jadi kombinasi internal dan manajemen eksternal sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Paling sering ditemukan bahwa uban prematur dari rambut bisa terjadi karena kekurangan vitamin terutama A dan B, dan juga kekurangan tembaga, mineral, seng dan besi.
Khasiat Bawang Bombay Untuk Rambut Beruban

Khasiat Bawang Bombay Untuk Rambut Beruban

Bawang bombay selain mengandung senyawa sulfur atau belerang, ia juga merupakan sumber Biotin melimpah yang berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Tak hanya itu saja, bawang bombay juga merupakan sumber yang baik dari Vitamin B6, Tembaga, Vitamin C, Serat, Fosfor, Kalium, Folat dan Vitamin B1.

Meski memiliki bau yang sangat kuat, bawang bombay menawarkan manfaat yang baik untuk kesehatan rambut secara keseluruhan.

Rambut kita tumbuh dari folikel di kulit kita. Folikel ini adalah struktur yang mengandung lapisan sel untuk melakukan fungsi berbeda.  Warna rambut kita ditentukan oleh protein yang disebut melanin. Sel-sel di folikel rambut kita menciptakan melanin yang disebut Melanosit. Saat rambut beruban, berarti melanosit telah berhenti memproduksi melanin.

Rambut beruban, menurut para ahli juga disebabkan oleh peningkatan besar hidrogen peroksida karena keausan pada folikel rambut. Hidrogen peroksida adalah produk sampingan dari respirasi dan dibuat di semua sel yang hidup.

Peroksida menghambat sintesis melanin normal, pigmen alami rambut Anda. Semua sel rambut membuat sedikit hidrogen peroksida, tapi seiring bertambahnya usia, jumlahnya meningkat. Intinya, Anda memutihkan pigmen rambut Anda dari dalam, dan rambut Anda berubah menjadi abu-abu dan putih.

Penumpukan ini disebabkan oleh pengurangan enzim yang memecah hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. Sel tubuh kita juga membuat enzim Katalase untuk menghilangkan hidrogen peroksida. Ketika tubuh kita rendah Katalase dan hidrogen peroksida berada pada tingkat yang tinggi, ia mengganggu pembentukan Tyrosinase, enzim lain yang mengarah pada produksi melanin pada folikel rambut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa rambut beruban disebabkan oleh pembentukan Hidrogen Peroksida dan penurunan Katalase - antioksidan alami. Saat terbentuknya Hidrogen Peroksida di folikel rambut, hal itu dapat menyebabkan stres oksidatif dan berakibat pada rambut yang beruban dan menipis.

Jus bawang bombay juga tinggi akan enzim Catalase dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan topikal dan obat rumah untuk rambut beruban.