Cara merawat rambut rontok dan berketombe - Terkadang rambut berketombe juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Mengapa demikian? Ketika rambut berketombe, hal ini sering membuat seseorang merasakan sensasi gatal pada kulit kepala, yang pada akhirnya akan menggaruk folikel rambut.

Berdasarkan sebuah studi yang di publikasikan pada International Journal of Trichology, setelah sekitar 45 menit menggaruk kulit kepala, kutikula akan terlepas dan rambut rontok pun terjadi.

Dalam artikel cara merawat rambut alami ini, kami akan berbagi kepada Anda tentang tips perawatan rambut rontok dan berketombe dengan menggunakan produk alami buatan sendiri.

Teruslah membaca artikel ini untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang dapat Anda terapkan untuk merawat rambut rontok dan berketombe di rumah.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe dengan Bahan-bahan Alami

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe
Anda dapat menggunakan obat buatan sendiri selain shampo ketombe yang dibeli di toko. Saat ini telah banyak produk alami yang dipercayai ampuh membantu Anda mencapai kulit kepala tanpa rasa gatal, terhindar dari masalah rambut rontok dan berketombe.

Berikut dibawah ini adalah kumpulan cara merawat rambut rontok dan berketombe menggunakan bahan-bahan alami.

Mengurangi Stres Atasi Rambut Rontok

Terlalu banyak stres, berdampak buruk bagi kesehatan dan tahukah Anda bahwa ada hubungan antara stres dan rambut rontok? Stres secara konstan dapat menyebabkan tingkat kortisol melonjak, yang dapat menyebabkan peningkatan kerontokan rambut.

Untuk mengurangi stres dan efek merusaknya pada rambut Anda, cobalah meditasi, olahraga teratur, menjaga jadwal tidur yang teratur, atau aktivitas lain yang membantu Anda melakukan dekompresi.

Jangan meminyaki rambut secara berlebihan dan lama

Menerapkan minyak secara berlebihan akan menyebabkan lebih banyak ketombe karena minyak itu merupakan makanan untuk Malazzesia yang menyebabkan ketombe.

Jika rambut Anda berketombe jangan menerapkan minyak di kulit kepala Anda untuk waktu yang lama, karena hanya akan memperburuk kondisi ketombe Anda.

Jaga kulit kepala Anda untuk Mengatasi Rambut Rontok

Kulit kepala adalah tempat setiap folikel rambut menerima suplai darah yang akan membuat rambut tumbuh kuat. Menjaga kulit kepala Anda tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi, dan terhidrasi.

Maka rambut Anda akan menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap kerusakan, dan mendorong pertumbuhan yang sehat.

Makanan yang dikemas dengan vitamin E, seperti kacang almond, kenari dan raspberry atau stroberi, sangat bagus untuk mempromosikan sirkulasi kulit kepala, begitu pula makanan yang kaya vitamin C seperti kiwi dan brokoli.

Mengatasi Ketombe dengan Cuka Apel

Cuka membantu dalam mengendalikan gatal, kulit kering dan juga membantu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Kandungan asam cuka sangat bermanfaat untuk mengurangi pengelupasan secara drastis.

[Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok Dengan Jahe]

Cobalah suplemen biotin untuk Mengatasi Rambut Rontok

Hasil dari beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa suplemen biotin dapat memperbaiki rambut yang menipis dan kuku yang rapuh.

Kurang umum dikenal sebagai vitamin H, biotin adalah bagian dari vitamin B kompleks, yang membantu tubuh Anda memetabolisme lemak dan protein.

Beberapa ahli bahkan merekomendasikan suplemen harian untuk semua orang, karena suplemen biotin umumnya aman dan cukup sulit untuk mendapatkan terlalu banyak.

Hindari penggunaan alat panas

Jangan memilih perawatan yang sangat tinggi sehingga perlu dipanaskan setiap hari. Penggunaan alat panas yang berlebihan dapat membuat helai rambut menjadi rusak, dan pecah sebelum dapat tumbuh menjadi panjang, rambut yang lebih tipis cenderung mudah pecah.

Jadi, jika Anda ingin menghindari praktik pengurang kerusakan ekstra, hindari penggunaan alat panas secara berlebihan pada rambut.

[Baca juga: Manfaat Bawang Bombay Untuk Rambut Rontok]

Baking soda untuk rambut berketombe

Baking soda, berfungsi sebagai scrub dan mengelupas kulit kepala dengan lembut tanpa mengiritasi dan mengeluarkan sel kulit mati.

Pengelupasan kulit sangat penting untuk memastikan tidak ada penumpukan serpihan putih pada kulit kepala yang membuat ketombe bahkan lebih terlihat.

Baking soda, beserta pengelupasan dan khasiat anti jamurnya, juga menenangkan kulit kepala dan mengurangi kemerahan dan gatal.

Anda bisa menambahkan beberapa baking soda ke sampo Anda sambil mencuci rambut untuk mendapatkan manfaatnya.

[Baca juga: Baking Soda Untuk Ketombe]

Minyak pohon teh untuk rambut berketombe

Semua obat anti jerawat dan anti jamur membanggakan minyak pohon teh karena kekuatannya yang luar biasa untuk melawan infeksi jamur dan bakteri.

Tambahkan satu atau dua tetes minyak pohon teh ke sampo Anda dan cuci dengan normal dan perhatikan hasilnya dalam kenyamanan rumah Anda!

[Baca juga: Manfaat Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil) Untuk Rambut]

Lidah buaya untuk rambut berketombe

Lidah buaya tidak hanya memiliki efek pendinginan yang bagus untuk rambut, tetapi juda memiliki khasiat anti jamur dan anti bakteri.