22 Cara Merawat Rambut Untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

Cara merawat rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami - Bagi Anda yang sedang mencari bagaimana cara merawat rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami.

Cara merawat rambut alami kali ini akan membagikan tips perawatan rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Pelajari bagaimana cara merawat rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami di dalam artikel ini, dan mencoba beberapa metode untuk memanjangkan rambut dibawah ini.

 22 Cara Merawat Rambut Untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

Bagaimana cara merawat rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami?

Perlu di ingat bahwa tidak ada perawatan apa pun yang dapat memanjangkan rambut secara signifikan membuat rambut panjang dalam satu sehari. Untuk mengetahui bagaimana rambut tumbuh dan berapa panjangnya rambut Anda tumbuh dalam 1 sehari. Maka dari itu, ketahuilah terlebih dahulu siklus pertumbuhan rambut.

Rambut biasanya hanya akan tumbuh sekitar seperempat inci sampai maksimal setengah inci dalam sebulan. Dan itupun jika kulit kepala Anda memiliki kesehatan yang optimal dan tidak memiliki banyak perpecahan. Jadi intinya adalah "Latih kesabaran". Anda harus sabar jika Anda ingin memanjangkan rambut secara alami.

Memanjangkan rambut dengan cara merawat rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami memang membutuhkan kesabaran yang tinggi, namunmetode perawatan rambut ini lebih aman jika dibandingkan dengan perawatan rambut menggunakan bahan kimia.

Cara merawat rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami adalah pilihan terbaik, karena tidak memiliki efek samping. Berikut dibawah ini adalah cara yang sederhana dan cepat untuk memanjangkan rambut Anda.

Cara Merawat Rambut Untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

Ini Dia Cara Cepat Memanjangkan Rambut Dalam Waktu Singkat

Hindari mewarnai rambut

Keluar dari salon dengan warna rambut yang sempurna bisa membuat Anda merasa seperti berada di puncak dunia. Tapi, jika Anda terlalu sering gonta-ganti warna rambut, hal ini dapat memperlambat rambut Anda untuk memanjang. Bagi Anda yang ingin memanjangkan rambut dalam waktu singkat, maka sebaiknya menghindari mewarnai rambut.

Mengapa untuk memanjangkan rambut dalam waktu cepat dan singkat harus menghindari mewarnai rambut? Semua itu, karena pewarna rambut sarat akan kandungan bahan kimia. Bahan kimia yang terdapat di pewarna rambut dapat menghambat pertumbuhan rambut dan merusak kulit kepala.

Sebenarnya ada cara yang aman dan alami untuk mewarnai rambut, dan jika Anda tertarik untuk mewarnai rambut dengan cara yang alami! Silahkan membacanya disini "Cara Mewarnai Rambut Alami Menggunakan Buah Bit"

Pijat kulit kepala secara rutin

Melakukan pijat kulit kepala secara rutin dapat membantu mempromosikan pertumbuhan rambut. Metode perawatan rambut ini, memungkinkan Anda untuk mendapatkan rambut panjang dalam waktu yang cepat dan singkat, juga membantu memastikan rambut tumbuh kuat dan sehat.

Menambahkan pijat kulit kepala ke perawatan rambut adalah salah satu teknik cara cepat memanjangkan rambut dalam waktu singkat. Karena, pijat kulit kepala secara rutin akan merangsang kulit kepala, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi stres.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan pertumbuhan rambut sebaiknya mempertimbangkan melakukan pijat kulit kepala secara teratur sehingga proses tumbuhnya rambut pun akan lebih cepat.

Cara memijat kulit kepala untuk memanjangkan rambut bisa dilakukan ketika sedang keramas, lakukan pemijatan kulit kepala dengan lembut, kurang lebih selama 3-5 menit. Memijat kulit kepala, selain dapat memperlancar peredaran darah, ia juga akan membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala yang sering menyebabkan timbulnya ketombe.

Kurangi pemakaian alat pemanas rambut

 Kurangi pemakaian alat pemanas rambut
Tips selanjutnya, untuk cara cepat memanjangkan rambut dalam waktu singkat ialah mengurangi pemakaian alat pemanas rambut. Penggunaan alat-alat rambut seperti hair dryer, catokan dan pengeriting rambut. Jika di pakai terlalu sering, alat-alat tersebut cenderung membuat rambut menjadi rapuh, mudah patah, rontok, dan menghambat pertumbuhan rambut. Solusi terbaik, jika Anda ingin cepat memanjangkan rambut Anda, kurangi pemakaian alat pemanas rambut.

Baca juga "Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok Dengan Jahe".

Perbanyak konsumsi protein

Rambut yang indah, kuat, berkilau membutuhkan perawatan rambut yang tepat. Semua bentuk protein, baik yang bersumber dari hewan atau sayuran, dapat membantu Anda untuk memiliki pola makan seimbang dan sehat yang akan mendorong perkembangan rambut sehat.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup protein dalam makanan Anda, tubuh Anda akan mulai mengambil protein yang tersedia, sehingga berpotensi mengurangi pertumbuhan rambut. Itu berarti rambut akan menjadi lebih tua, lebih lemah dan rapuh seiring berjalannya waktu. Jika Anda terus mengkonsumsi asupan rendah protein, untuk dua sampai tiga bulan ke atas, Anda akan mulai melihat tanda-tanda rambut rontok.

Meningkatkan asupan konsumsi protein adalah salah satu cepat memanjangkan rambut dalam waktu singkat serta terhindar dari masalah rambut rontok.

Konsumsi makanan yang kaya akan protein, dapat sangat berguna untuk membantu folikel rambut mendapatkan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan rambut dengan cepat. Protein selain memiliki khasiat untuk mempercepat proses memanjangkan rambut, mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein tinggi juga akan bermanfaat untuk menjaga rambut tetap sehat, serta tidak mudah rusak.

Gunakan Conditioner

Ini Dia Cara Cepat Memanjangkan Rambut Dalam Waktu Singkat
Rambut adalah bagian tubuh manusia yang sangat terlihat karena letaknya yang strategis di atas kepala. Oleh sebab itu, perawatan rambut yang tepat harus diberikan untuk memanjangkan rambut dalam waktu singkat. Rambut membutuhkan sesuatu yang bisa menyehatkan akarnya agar tumbuh berkilau, kuat dan sehat. Dan disitulah penggunaan kondisioner penumbuh rambut diperlukan.

Mengaplikasikan conditioner setelah keramas secara rutin adalah salah satu cara cepat memanjangkan rambut dalam waktu singkat. Kondisioner rambut bekerja dengan baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut, serta menjaga kelembaban rambut agar terhindar dari kerusakan. Menerapkan kondisioner rambut setelah keramas dua kali dalam seminggu, akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut yang Anda inginkan.

Baca juga "Tips Penting untuk Mencegah Rambut Bercabang".

Memanjangkan rambut dengan teh hijau

Teh hijau memiliki manfaat dan khasiat untuk memanjangkan rambut dalam waktu cepat dan alami. Teh hijau sangat populer di seluruh dunia karena manfaat kesehatannya dan dikemas dengan antioksidan yang melawan radikal bebas.

Khasiat teh hijau menurut para ahli melaporkan bahwa ia dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal itu, kemungkinan besar disebabkan karena tingginya kandungan antioksidan pada teh hijau, yang berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi aliran darah di kulit kepada, dan pada akhirnya akan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Adapun cara cepat memanjangkan rambut dalam waktu singkat dengan teh hijau yaitu tinggal menyeduh teh hijau kemudian balurkan pada kulit kepala secara merata, lalu bungkus rambut menggunakan handuk, dan diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kurangi waktu berenang

Kurangi waktu berenang
Adanya kandungan klorin melakukan pekerjaan yang hebat dalam menghilangkan kuman dan bakteri di kolam renang, tapi hal itu membahayakan jiwa Anda. Karena klorin adalah zat korosif, tidak hanya memakan kuman di kolam, tapi juga pada jaringan hidup di folikel rambut, dan dapat membuat pertumbuhan rambut semakin melambat.

Bagi Anda yang hobi berenang, melindungi rambut Anda saat berenang agar tidak terkena klorin secara langsung, adalah salah satu cara agar terhindar dari potensi pertumbuhan rambut yang semakin melambat. Selain itu, segeralah bilas rambutmu menggunakan shampo dan conditioner agar rambut tidak kering dan kelembabannya tetap terjaga.

Memanjangkan rambut dengan santan

Santan kelapa mengandung vitamin seperti niasin dan folat yang meningkatkan sirkulasi darah dan juga mencegah kanker dalam beberapa kasus. Selain manfaat kesehatan, santan kelapa juga bagus untuk kulit dan rambut Anda.

Santan kelapa adalah jawaban dari setiap masalah rambut yang Anda hadapi. Santan kelapa telah dikenal terutama untuk membantu orang-orang yang menghadapi masalah rambut. Hal ini, karena santan kelapa mengandung vitamin E dan lemak yang sangat bermanfaat untuk rambut dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk trik cara cepat memanjangkan rambut dalam waktu singkat dengan santan, cukup balurkan santan kental pada kulit kepala secukupnya, kemudian tutup dengan handuk hangat dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Baca juga "Cara Mengatasi Rambut yang Menipis".

Cara cepat memanjangkan rambut dengan minyak zaitun dan minyak kemiri

Minyak zaitun dan minyak kemiri merupakan bahan alami yang terkenal ampuh  untuk menyuburkan rambut. Menggunakan minyak zaitun dan minyak kemiri sebagai metode alami untuk memanjangkan rambut. Caranya cukup dengan meneteskan lima tetes minyak zaitun atau minyak kemiri pada kulit kepala, kemudian pijat secara lembut selama 5-10 menit. Biarkan semalaman, lalu bilas hingga bersih pada saat mandi di pagi hari.

Minyak zaitun dan minyak kemiri selain bermanfaat untuk memanjangkan rambut, ia juga dapat melembutkan rambut yang kering dan kusam, dan membuatnya terlihat lebih berkilau.

Memanjangkan Rambut dengan lidah buaya

 Memanjangkan Rambut dengan lidah buaya
Lidah buaya kaya akan asam amino dan protein, yang baik untuk rambut sehat. Karena rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, Anda memerlukan lebih banyak protein untuk membantu pertumbuhan rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya sangatlah mudah, Anda cukup dengan mengkupas lidah buaya dan ambil gelnya. Setelah itu, oleskan gel tersebut ke kulit kepala dan rambut. Kemudian, diamlah sekitar 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa tetes madu pada gel lidah buaya sebelum dioleskan pada kulit kepala.


Minyak Terbaik Untuk Pertumbuhan Rambut

Selain dengan perawatan rambut di atas, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa jenis minyak terbaik dibawah ini untuk cara merawat rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami. Berikut adalah beberapa jenis minyak yang berkhasiat untuk memanjangkan rambut;

Minyak Kelapa Untuk Pertumbuhan Rambut
Anda akan perlu
  • Minyak kelapa perawan
  • Apa yang harus kamu lakukan

Hangatkan minyak dan pijat dengan lembut di seluruh kulit kepala Anda.
Simpan di semalam dan cuci rambut Anda keesokan paginya.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Anda bisa mengoleskan minyak kelapa setiap kali Anda mencuci rambut. Dua kali seminggu dianjurkan.

Mengapa ini bekerja?
Obat pertumbuhan rambut ini adalah salah satu conditioner alami terbaik untuk rambut. Minyak kelapa kaya potassium dan membuat kulit kepala Anda tetap sehat, mendorong pertumbuhan rambut baru, dan memperbaiki rambut yang rusak. Hal ini juga mengurangi ketombe, rambut rusak, dan rambut rontok. Minyak kelapa juga digunakan sebagai perawatan rambut preconditioning untuk rambut yang rusak (4, 5).

Minyak Vitamin E Untuk Pertumbuhan Rambut

Anda akan perlu
  • 7-8 kapsul vitamin E

Apa yang harus kamu lakukan
  • Tusuklah membuka kapsul dengan hati-hati dan oleskan minyak ke dalam mangkuk kecil.
  • Pijat minyak ini ke kulit kepala Anda.
  • Biarkan pada semalam.
  • Cuci dengan sampo ringan keesokan harinya untuk rambut lembut dan halus.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
  • Oleskan minyak ini dua kali seminggu.

Mengapa ini bekerja?
Vitamin E telah digunakan sebagai obat rumah untuk pertumbuhan rambut sejak usia. Minyak vitamin E kaya akan antioksidan dan membantu melawan radikal bebas. Ini meningkatkan oksigen dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Pemijatan rutin dengan minyak esensial mendorong pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok dan membelahnya. Hal ini membuat rambut Anda lebih lembut dan halus (6).

Rosemary Oil Untuk Pertumbuhan Rambut

Anda akan perlu
  • 1 sendok teh minyak rosemary
  • 2 sdm minyak kelapa murni

Apa yang harus kamu lakukan
  1. Campurkan rosemary dan minyak kelapa dalam mangkuk dan oleskan campuran di kulit kepala dan rambut Anda.
  2. Simpan di semalam dan cuci keesokan paginya.

Anda juga bisa mengoleskan minyak rosemary dengan mencampurnya dengan sampo atau kondisioner Anda.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Anda bisa mengoleskan minyak dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengapa ini bekerja?
Minyak rosemary dibuat dari penyulingan ramuan rosemary. Minyak meningkatkan pembelahan sel dan memperluas pembuluh darah, sehingga merangsang sirkulasi darah. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga bertindak sebagai hair tonic (7).


Minyak Argan Untuk Pertumbuhan Rambut

Anda akan perlu
  • Minyak argan

Apa yang harus kamu lakukan
  1. Pijat minyak ini di kulit kepala dan ujung rambut.
  2. Tunggu sekitar satu jam dan kemudian bilas.

Anda juga bisa meninggalkannya dalam semalam.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Ulangi langkah ini satu atau dua kali seminggu untuk rambut halus, halus, dan mengkilap.

Mengapa ini bekerja?
Minyak argan adalah hadiah revolusioner alam dan disebut 'emas cair' karena keajaibannya bekerja pada rambut yang menipis. Ini meningkatkan kualitas rambut dengan melembabkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini memperbaiki rambut yang rusak dan juga menyeimbangkan produksi minyak alami oleh kulit kepala.

Minyak Sage Untuk Pertumbuhan Rambut

Anda akan perlu
  • 1 sendok teh minyak sage
  • 2 sdm minyak kelapa ATAU minyak zaitun

Apa yang harus kamu lakukan
Campur minyak sage dan minyak kelapa (atau minyak zaitun) dalam mangkuk dan oleskan ke kulit kepala dan rambut Anda.
Simpan di semalam dan cuci keesokan paginya.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Oleskan minyak dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengapa ini bekerja?
Minyak sage digunakan untuk sejumlah manfaat kesehatan. Ini mengandung antioksidan yang telah terbukti menjadi promotor pertumbuhan rambut yang sangat baik.

Minyak Lavender Untuk Pertumbuhan Rambut

Anda akan perlu
  • 3-4 tetes minyak lavender
  • 2 sdm minyak kelapa ATAU minyak zaitun
  • Topi Mandi

Apa yang harus kamu lakukan
  1. Siapkan campuran dengan menambahkan minyak lavender ke minyak pembawa pilihan Anda.
  2. Oleskan ini ke kulit kepala Anda dan bungkus rambut Anda dengan topi mandi.
  3. Biarkan selama satu jam.
  4. Cuci dan bilas rambut dan kulit kepala Anda dengan saksama.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Ulangi ini dua kali seminggu.

Mengapa ini bekerja?
Minyak lavender dikenal sebagai minyak kecantikan dan banyak digunakan untuk menyembuhkan alopecia dan rambut rontok. Selain meningkatkan pertumbuhan rambut, juga mengurangi tidur dan stres.

Minyak jojoba untuk pertumbuhan rambut

Anda akan perlu
  • 1 sendok teh minyak jojoba
  • 2 sdm minyak kelapa ATAU minyak zaitun

Apa yang harus kamu lakukan
  1. Campur minyak jojoba dan minyak kelapa (atau minyak zaitun) dalam mangkuk dan oleskan campuran ke kulit kepala dan rambut Anda.
  2. Simpan di semalam dan cuci rambut Anda keesokan paginya.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Anda bisa mengoleskan minyak dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengapa ini bekerja?
Minyak jojoba dikenal karena sifat pelembab dan hidrasi. Ini merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah dan melembabkan folikel rambut. Ini juga memperbaiki rambut kering dan rusak.

Minyak biji rami untuk pertumbuhan rambut

Anda akan perlu
  • 1 sdt minyak biji rami
  • 2 sdm minyak kelapa ATAU minyak zaitun

Apa yang harus kamu lakukan
  1. Campur minyak dan oleskan campuran pada kulit kepala dan rambut Anda.
  2. Biarkan pada semalam.
  3. Bilas rambut Anda keesokan harinya.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Anda bisa mengoleskan minyak dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengapa ini bekerja?
Flaxseeds adalah sumber asam lemak esensial yang kaya yang membantu mengubah rambut kering, rusak, dan rapuh menjadi rambut yang sehat dan berkilau. Asam lemak omega-3 dalam minyak ini meningkatkan pertumbuhan rambut sehat (14).

Minyak Zaitun Untuk Pertumbuhan Rambut

Anda akan perlu
  • Minyak zaitun extra virgin
  • Handuk
  • Air panas

Apa yang harus kamu lakukan
  1. Hangatkan minyak dan pijat kulit kepala Anda dengan itu.
  2. Rendam handuk di air panas dan peras kelebihannya.
  3. Bungkus ini di sekitar rambut dan kepala selama 15-20 menit.
  4. Bilas rambut Anda seperti biasa setelah ini.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Lakukan perawatan minyak handuk panas ini setiap 4-5 hari sekali.

Mengapa ini bekerja?
Minyak zaitun membantu mencegah dan juga menyembuhkan rambut rontok. Ini merangsang pertumbuhan rambut baru. Penggunaan minyak zaitun secara teratur mencegah pembentukan hormon DTH dan memfasilitasi pertumbuhan rambut. Ini juga berfungsi sebagai kondisioner alami dengan membuat rambut Anda lembut dan halus. Antioksidan yang ada dalam minyak ini juga merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak Jarak Jauh Untuk Pertumbuhan Rambut

Anda akan perlu
  • Minyak jarak
  • Handuk hangat

Apa yang harus kamu lakukan
  1. Hangatkan minyak jarak.
  2. Oleskan pada kulit kepala yang bersih. Pijat dengan baik.
  3. Bungkus rambut Anda dengan handuk hangat dan lembab dan simpan selama 20 menit.

Karena minyaknya sangat lengket, Anda bisa menambahkan sedikit jus lemon ke dalamnya agar sedikit mudah diaplikasikan. Penambahan ini juga akan memberantas masalah ketombe pada kulit kepala Anda.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Anda bisa mengoleskan minyak dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengapa ini bekerja?
Minyak jarak adalah salah satu minyak paling bermanfaat yang bisa membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat, lebih kuat, dan berkilau. Hal ini diklaim sebagai pengobatan alami terbaik untuk pertumbuhan rambut. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus mengurangi kemungkinan botak. Ini juga melembabkan rambut dan mengurangi ujung putus.

Minyak Almond Untuk Pertumbuhan Rambut

Anda akan perlu
  • Minyak almond

Apa yang harus kamu lakukan
  1. Perlahan pijat kulit kepala dengan minyak almond.
  2. Cara terbaik adalah meninggalkan minyak pada malam hari dan bilas rambut Anda di pagi hari.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Oleskan minyak almond dua kali seminggu.

Mengapa ini bekerja?
Menjadi emolien, ia mengembalikan keseimbangan kelembaban kulit kepala dan rambut. Ini memerangi kekeringan, gatal, dan iritasi lainnya yang mungkin ada pada kulit kepala yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Hal ini juga dapat memperkuat rambut Anda dan membuatnya mengkilap.

Di atas, adalah aneka tips ringan untuk memanjangkan rambut dalam waktu cepat dan singkat memakai metode perawatan rambut untuk memanjangkan rambut secara alami dengan cara yang mudah, sederhana, dan cepat.